• Rabu, 7 Desember 2022

Tanggul Darurat Citarum Retak, Warga Pebayuran Kembali Dihantui Banjir Besar

- Sabtu, 4 September 2021 | 14:42 WIB
Tanggul darurat untuk menahan air Sungai Citarum kabarnya retak. Warga Pebayuran pun was-was. (Ewwy Widiansyah)
Tanggul darurat untuk menahan air Sungai Citarum kabarnya retak. Warga Pebayuran pun was-was. (Ewwy Widiansyah)

HarianSederhana.com, KABUPATEN BEKASI - Tanggul darurat yang dibangun di Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi kembali retak hingga menyebabkan material penyusun tanggul tersebut amblas.

Kondisi tersebut membuat warga sekitar kembali dihantui banjir besar yang sempat merendam sembilan desa dengan ketinggian mencapai dua meter pada Februari lalu.

Saat itu sejumlah kalangan bahkan sempat mengunjungi lokasi yang terdampak banjir luapan Sungai Citarum tersebut, termasuk Presiden Joko Widodo yang kala itu langsung menginstruksikan jajarannya untuk segera melakukan perbaikan secara permanen.

Usai kunjungan Presiden Jokowi ke lokasi banjir, sejumlah pihak terkait mulai melakukan perbaikan dengan membangun tanggul darurat sementara hingga membangun kembali rumah warga yang terdampak banjir.

Baca Juga: Waspada, 37 Titik Tanggul Sungai Citarum Rusak Berat

Hanya saja hingga kini belum terlihat sentuhan pembangunan tanggul yang bersifat permanen bahkan tanggul darurat yang telah dibangun kondisinya semakin memprihatinkan.

Tanggul darurat itu didirikan di dinding Sungai Citarum, tepat di titik tanggul yang sempat ambruk kala itu. Kini tanggul yang dibuat dari batu alam dan ditopang tumpukan karung pasir ini kembali retak.

Kondisi itu memaksa perbaikan dilakukan segera mengingat saat ini sudah mau memasuki musim penghujan. Kalau tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan musibah yang pernah terjadi bukan tidak mungkin terulang kembali.

"Jadi bukan cuma retak lagi tapi permukaannya sudah turun, menyusut. Kalau yang retak tadinya cuma 80 meter sekarang jadi 450 meter, jadi harus segera diperbaiki," kata Camat Pebayuran Hanief Zulkifli, Sabtu (04/09).

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kinerja Satpol PP Kabupaten Bekasi Diapresiasi

Senin, 14 Maret 2022 | 18:13 WIB

Anggota BPD Bekasi Terlindungi Program BPJAMSOSTEK

Jumat, 11 Maret 2022 | 11:13 WIB

Sidang Sengketa Pilwabup Bekasi Kembali Digelar

Kamis, 10 Maret 2022 | 05:45 WIB

Senin, Kabupaten Bekasi Gelar PTM

Minggu, 6 Maret 2022 | 20:08 WIB

Terpopuler

X