• Selasa, 21 September 2021

Kasus Jalan Rusak dan Sungai Tercemar Ibarat Lagu Lama Kaset Kusut

- Senin, 13 September 2021 | 20:00 WIB
Penampakan sampah di Kali Sabun beberapa waktu lalu. (Istimewa)
Penampakan sampah di Kali Sabun beberapa waktu lalu. (Istimewa)

HarianSederhana.com, KABUPATEN BEKASI - Lagu lama kaset kusut, peribahasa itu tepat mewakili permasalahan jalan rusak dan sungai tercemar di Kabupaten Bekasi. Pasalnya, kedua persoalan itu sudah berlangsung lama terjadi di wilayah yang memiliki kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara ini.

Ketua LSM Sniper Indonesia Gunawan menuturkan, permasalahan sampah dan jalan rusak sudah terjadi lebih dari 10 tahun. Bahkan, kedua persoalan ini bak warisan turun temurun yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi.

"Karena dari rezim ke rezim kepemimpinan daerah mulai dari Saadudin, Neneng Hasanah Yasin dan dilanjutkan oleh Eka Supria Atmaja, tidak ada yang mampu menangani kedua permasalahan itu sampai tuntas," tutur Gunawan kepada Harian Sederhana, Senin (13/09).

Sehingga, sambung Gunawan, warga Kabupaten Bekasi hanya kebagian dampak buruk disebabkan oleh kebijakan pimpinan daerah yang gagal dalam pelayanan publik. Baik dalam pembangunan infrastruktur jalan, maupun persoalan lingkungan hidup.

Baca Juga: Enam Sungai Tercemar Limbah B3, Ada yang Mengeluarkan Asap Bak Film-film Azab

"Alhasil, sampai sekarang ini permasalahan jalan rusak dan sungai-sungai tercemar di Kabupaten Bekasi semakin kompleks. Karena sebuah warisan turun temurun yang terus menumpuk dan tidak ada usaha untuk memperbaiki oleh pemimpin-pemimpin daerah," tegas Gunawan.

Bahkan saat ini ada kesan buruk dari orang luar Kabupaten Bekasi. Mereka beranggapan, bila sudah melewati suatu daerah dengan kondisi jalan yang rusak, banyak tumpukan palet di sepanjang jalan, sungai penuh dengan sampah dengan bau menyengat, itulah Kabupaten Bekasi.

"Sebetulnya bagi rakyat Kabupaten Bekasi tidak muluk-muluk harapannya kepada pemimpin daerah. Asalkan pejabat itu mampu menyelesaikan kedua permasalahan itu secara tuntas, sudah merupakan prestasi kerja yang luar biasa," kata Gunawan.

Baca Juga: Save Kali Cikarang Sebut Enam Sungai Kabupaten Bekasi Ternoda Limbah Industri

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Raya Kali CBL 'Surga' Begal Motor

Selasa, 21 September 2021 | 07:45 WIB

SS Si Pencuri Kambing Diciduk Polsek Muaragembong

Senin, 20 September 2021 | 22:57 WIB
X