• Jumat, 22 Oktober 2021

LSM GEMPAL Kritisi Dugaan Pencemaran Limbah B3 di Bantaran Citarum dan CBL

- Jumat, 17 September 2021 | 19:29 WIB
LSM GEMPAL kritisi dugaan pembuangan limbah B3 serta pengerukan tanah di bantaran Sungai Citarum dan Kali CBL. (TIM HS/Ewwy Widiansyah)
LSM GEMPAL kritisi dugaan pembuangan limbah B3 serta pengerukan tanah di bantaran Sungai Citarum dan Kali CBL. (TIM HS/Ewwy Widiansyah)

HarianSederhana.com, KABUPATEN BEKASI - LSM Generasi Muda Pemerhati Alam dan Lingkungan (GEMPAL) mengkritisi oknum yang membuang limbah B3 dan pengerukan tanah ilegal di bantaran Sungai Citarum maupun Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

Hal itu menyikapinya adanya dugaan pencurian tanah negara di bantaran Sungai Citarum maupun Kali CBL yang dilakukan oknum dari sebuah instansi. Kabarnya, oknum itu mengaku sudah mengantongi izin.

Mirisnya, pencurian tanah serta pembuangan limbah B3 disinyalir didalangi oleh mantan Lurah Bahagia, Kecamatan Babelan.

"Oknum yang membuang limbah B3 yang sangat berbahaya bagi manusia serta lingkungan adalah penjahat besar, saya mengutuk keras oknum tersebut harus ditangkap dan penjarakan. Seperti yang tertera dalam UU Lingkungan Hidup, para pembuang limbah berbahaya dapat dijerat hukuman kurungan 2 tahun penjara serta denda Rp 2 miliar," tutur Ketua LSM GEMPAL Ribah Setiawan kepada wartawan.

Baca Juga: Dani Menanti Hasil Uji Lab Limbah yang Cemari Kali Cilemahabang

Ia mengatakan, aparat penegak hukum dimintanya serius dalam menangani permasalahan limbah yang merusak Kabupaten Bekasi. Bahkan, limbah dapat membahayakan keselamatan manusia.

"Kami berharap kepada penegak hukum untuk lebih serius menangani masalah limbah B3 berbahaya yang mengancam nyawa manusia, serta habitat lingkungan yang dibuang sembarangan oleh oknum tidak bertanggung jawab," tandasnya.

Sampai berita ini diturunkan, redaksi HarianSederhana.com belum dapat mengkonfirmasi narasumber yang diduga membuang limbah dan mengeruk tanah di bantaran Sungai Citarum maupun Kali CBL. (TIM HS/Ewwy Widiansyah)

 

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawali Desak Pemkab Bekasi Sanksi Fajar Surya Wisesa

Senin, 11 Oktober 2021 | 13:00 WIB

18 WBP Lapas Kelas IIA Cikarang Dipindah

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:40 WIB

Gunawan Minta BBWM Dibubarkan

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 14:37 WIB

Pekerja Malam di Cikarang Selatan Divaksinasi

Kamis, 7 Oktober 2021 | 16:03 WIB
X