• Minggu, 5 Desember 2021

Gunawan Laporkan Dugaan Korupsi di Lingkungan BBWM ke KPK

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:15 WIB
Gunawan selaku Pemerhati Kebijakan Publik Kabupaten Bekasi Kini Melaporkan Dugaan Tindak Korupsi di Tubuh BBWM Selaku Perusahaan Umum Milik Daerah Kabupaten Bekasi. (Ewwy Widiansyah)
Gunawan selaku Pemerhati Kebijakan Publik Kabupaten Bekasi Kini Melaporkan Dugaan Tindak Korupsi di Tubuh BBWM Selaku Perusahaan Umum Milik Daerah Kabupaten Bekasi. (Ewwy Widiansyah)

HarianSederhana.com, KABUPATEN BEKASI - LSM Sniper Indonesia geram melihat terus menurunnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Perumda BBWM setiap tahun.

Parahnya lagi, banyaknya temuan BPK di BBWM sebagaimana Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHPBPK) 2017 hingga 2019. LSM Sniper Indonesia pun melaporkan itu ke KPK.

Ketua LSM Sniper Indonesia sekaligus pemerhati kebijakan publik Kabupaten Bekasi, Gunawan menerangkan, KPK diharapkan segera menindaklanjuti laporannya soal BBWM.

Gunawan menyebut laporan itu sudah disampaikan melalui layanan pengaduan surat elektronik.

Baca Juga: Gunawan Minta BBWM Dibubarkan

Ia pun berharap KPK segera memeriksa Direktur Utama BBWM karena yang bersangkutan adalah pejabat tertinggi yang mengatur, dan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan usaha pengelolaan gas bumi di Kabupaten Bekasi.

"Sejak tahun 2016, pemanfaatan dan pengelolaan gas bumi dikelola secara mandiri oleh BBWM dengan Direktur Utama Prananto Sukodjatmoko. Di zamannya, PAD yang disetor setiap tahunnya terus menurun. Di tahun 2016 PAD yang diberikan sebesar Rp 2.500.000.000, namun di 2020 menjadi Rp 1.032.801.941," tutur Gunawan.

Selain itu, ada temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja Atas Efisiensi Pengeluaran Biaya Operasional Dan Pengelolaan Kilang LPG, Serta Efektifitas Rencana Bisnis, Pengadaan Barang/Jasa Dan Pengawasan Internal Tahun 2017 sampai dengan Semester 1 Tahun 2009 Pada PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) Nomor: 42/LHP/XVIII.BDG/12/2019 Tanggal 18 Desember 2019.

Baca Juga: Ini Alasan Komisaris PT BBWM Mengundurkan Diri

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X