• Selasa, 24 Mei 2022

Presiden Jokowi Diminta Prioritaskan Perusahaan Alkes Lokal Dalam Penanganan Covid-19

- Jumat, 19 November 2021 | 20:13 WIB
Sejumlah karyawan perusahaan alkes lokal di Kabupaten Bekasi saat melakukan unjuk rasa pada beberapa waktu lalu. (Ewwy Widiansyah)
Sejumlah karyawan perusahaan alkes lokal di Kabupaten Bekasi saat melakukan unjuk rasa pada beberapa waktu lalu. (Ewwy Widiansyah)

HarianSederhana.com, KABUPATEN BEKASI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk memprioritaskan pengusaha maupun perusahaan alat kesehatan atau alkes lokal dalam penanganan pandemi Covid-19.

Pasalnya, pengusaha alkes lokal merasa kesulitan dalam mendistribusikan produknya di tengah penguasaan produk asing.

Apalagi, alkes lokal kualitasnya tidak jauh dari produk-produk asing yang masuk ke Indonesia.

Salah satu perusahaan alkes lokal yakni Heru Purnomo selaku General Manager PT Sri Tita Medika menuturkan, kondisi perusahaan alkes lokal saat ini tengah terpuruk. Hal ini menyusul sangat sulitnya mendistribusikan produknya.

Baca Juga: Intan Fauzi Bantu Alkes Ke RS Depok-Bekasi

Parahnya lagi, sampai alat tes usap dalam negeri tidak digunakan karena lebih banyak impor. Kondisi itu tentu membuat perusahaan alkes lokal menjerit.

"Kami minta Bapak Presiden Jokowi memberi instruksi kepada jajaran agar mengetahui sekaligus melaksanakan di lapangan terkait peraturan penggunaan produk dalam negeri seperti yang tertuang dalam Kepres Nomor 12/2021 dan Nomor 15/2021," tuturnya.

Heru Purnomo menerangkan, perusahaan alkes lokal kini tengah berusaha memiliki pasar untuk dipasok. Namun, kondisi saat ini malah banyak produk luar negeri yang bertebaran dibanding produk dalam negeri.

"Saat ini perusahaan sedang berusaha mendapatkan pasar untuk dipasok. Tapi kondisinya saat ini banyak produk yang malah dari luar negeri, sedangkan produk dalam negeri justru tidak dipakai padahal secara kualitas kami lebih baik dan harganya pun lebih terjangkau," ucapnya.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kinerja Satpol PP Kabupaten Bekasi Diapresiasi

Senin, 14 Maret 2022 | 18:13 WIB

Anggota BPD Bekasi Terlindungi Program BPJAMSOSTEK

Jumat, 11 Maret 2022 | 11:13 WIB

Sidang Sengketa Pilwabup Bekasi Kembali Digelar

Kamis, 10 Maret 2022 | 05:45 WIB

Senin, Kabupaten Bekasi Gelar PTM

Minggu, 6 Maret 2022 | 20:08 WIB

Terpopuler

X