• Selasa, 24 Mei 2022

2022 Bantuan Keuangan Partai Politik Kabupaten Bekasi Diusulkan Naik, Segini Nilainya

- Rabu, 15 Desember 2021 | 15:21 WIB
Ilustrasi Bantuan Partai Politik atau Banparpol di Kabupaten Bekasi Diusulkan Naik Pada Tahun 2022. (Pikiran Rakyat)
Ilustrasi Bantuan Partai Politik atau Banparpol di Kabupaten Bekasi Diusulkan Naik Pada Tahun 2022. (Pikiran Rakyat)

HarianSederhana.com, KABUPATEN BEKASI - Partai politik di Kabupaten Bekasi tampaknya bakal tersenyum lebar di tahun 2022. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah melakukan kajian bantuan keuangan partai politik atau banparpol.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bekasi Juhandi membenarkan akan rencana kenaikan bantuan keuangan partai politik atau banparpol Kabupaten Bekasi tersebut.

"Ada surat dari Mendagri soal imbauan bantuan keuangan partai politik agar disesuaikan dengan kemampuan daerah, sehingga partai politik mengusulkan ke Pemda agar ada penambahan kita kaji dan dipelajari sesuai dengan kemampuan," tuturnya kepada wartawan.

Untuk menindaklanjuti hal itu, Juhandi telah berkirim surat ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan mendapat jawaban agar penyesuaian bantuan keuangan kepada partai politik harus seimbang dengan bantuan dibidang kesehatan maupun pendidikan.

Baca Juga: Tata Kelola Anggaran Aur-auran, Eksekutif dan Legislatif di Kabupaten Bekasi Diminta Gerak Cepat

"Alhamdullah kita sudah bersurat ke Gubernur. Mereka meminta supaya bantuan keuangan dibidang kesehatan dan pendidikan seimbang dengan bantuan dengan partai politik, rumusnya seperti itu. Saat ini kita sudah rapatkan untuk dibuatkan draft perbupnya," bebernya.

Usulan yang diterima dari beberapa partai politik, kata dia, rata-rata meminta agar adanya kenaikan bantuan keuangan sebesar Rp 6 ribu persuara yang diraih pada Pemilu 2019 lalu.

"Bantuan yang dimohon oleh partai rata-rata 6000 perhak suara di pemilu 2019 lalu. Tahun ini kita keluarkan dana bantuan sebesar Rp 2 miliar, setelah penambahan mungkin anggaran yang dibutuhkan sekitar 10 miliar lebih," ungkapnya.

Juhandi mengatakan, bantuan partai politik pada tahun 2021 ini adalah sebesar Rp 1.500 perhak pilih, jika diminta menjadi Rp 6.000 maka kenaikannya mencapai 300 persen.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kinerja Satpol PP Kabupaten Bekasi Diapresiasi

Senin, 14 Maret 2022 | 18:13 WIB

Anggota BPD Bekasi Terlindungi Program BPJAMSOSTEK

Jumat, 11 Maret 2022 | 11:13 WIB

Sidang Sengketa Pilwabup Bekasi Kembali Digelar

Kamis, 10 Maret 2022 | 05:45 WIB

Senin, Kabupaten Bekasi Gelar PTM

Minggu, 6 Maret 2022 | 20:08 WIB

Terpopuler

X