• Rabu, 26 Januari 2022

Bupati Bogor dan Cianjur Sepakat Permanenkan Ganjil Genap di Jalur Puncak

- Sabtu, 18 September 2021 | 19:56 WIB
Forkopimda Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur duduk bareng membahas ganjil genap di jalur Puncak. (Wahyu Saputra)
Forkopimda Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur duduk bareng membahas ganjil genap di jalur Puncak. (Wahyu Saputra)

HarianSederhana.com, KABUPATEN BOGOR - Uji coba ganjil genap di jalur Puncak Bogor dinilai sukses menekan volume kendaraan saat akhir pekan. Karenanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Pemkab Cianjur sepakat aturan itu dipermanenkan.

Hal ini dikatakan Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin selepas bertemu dengan Bupati Cianjur Herman Suherman di Melrimba Garden, Jalan Raya Puncak Gadog KM 87, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua pada Sabtu (18/09).

Bupati Ade Munawaroh Yasin menuturkan, Pemkab Bogor dan Pemkab Cianjur bersepakat untuk mempermanenkan ganjil genap sebagai opsi menggantikan sistem satu arah atau one way yang sudah berlangsung sejak 1985.

"Intinya kami (Pemkab Bogor dan Pemkab Cianjur) sepakat untuk mendukung rencana pemberlakuan sistem ganjil-genap, karena kita sudah 36 tahun melaksanakan one way," tuturnya selepas pertemuan Forkopimda Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Fiks! Ganjil Genap Jalur Puncak Diuji Coba 3 September 2021

Uji coba ganjil genap sendiri, lanjut Ade, sudah berlangsung selama tiga pekan dan berlaku pada kendaraan roda dua maupun empat. Rencananya, ganjil genap bakal diperluas hingga Cianjur serta beberapa titik macet lainnya.

Meski ada wacana menerapkan ganjil genap di kawasan Puncak, Ade masih menanti aturan resmi dari pemerintah pusat serta menunggu peraturan menteri. Bukan tanpa alasan, jalan Puncak berstatus jalan nasional, karena itu perlu ada regulasi dari menteri.

"Karena status jalan Puncak merupakan jalan nasional, maka kita perlu menunggu regulasi dari menteri. Jadi kita butuh perhatian khusus, apalagi dua daerah ini (Bogor dan Cianjur)," terang Ade.

Sementara Kapolres Bogor AKBP Harun menerangkan, penerapan ganjil genap ini dilakukan oleh wilayah-wilayah aglomerasi secara terintegrasi.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kongres JKPI di Bogor Tetapkan 8 Ibu Kota Kebudayaan

Senin, 6 Desember 2021 | 06:08 WIB

22 Istri Kepala Daerah Membuat Ecoprint di KRB

Senin, 6 Desember 2021 | 05:57 WIB

Bima Arya Janji Kawal Pembangunan GKI Yasmin

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Soal Holywings, DPRD Kota Bogor Ingatkan Pemkot

Senin, 29 November 2021 | 06:23 WIB
X