• Jumat, 22 Oktober 2021

Tinjau Gedung Sekolah Ambruk, Bima Arya : Peristiwa Ini Jadi Peringatan

- Senin, 20 September 2021 | 06:10 WIB
Wali Kota Bogor, Bima Arya meninjau bangunan sekolah yang ambruk. (Tim HS/Asep Supriyanto)
Wali Kota Bogor, Bima Arya meninjau bangunan sekolah yang ambruk. (Tim HS/Asep Supriyanto)



HarianSederhana.com, Bogor - Wali Kota Bogor, Bima Arya meninjau bangunan SDN Otista yang dua ruang kelasnya mengalami ambruk, Jumat (17/09/21). Menurut dia, peristiwa tersebut menjadi peringatan bagi semua.

Menurut Bima Arya, tidak hanya protokol kesehatan yang menjadi keutamaan dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), tetapi kelayakan bangunan juga harus jadi perhatian utama, karena menyangkut keselamatan.

“Saya minta Dinas Pendidikan untuk memeriksa kembali seluruh bangunan sekolah di Kota Bogor, jelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka awal Oktober nanti. Harus bangunan sekolah dan semua fasilitas pendukung dalam keadaan baik,” ungkap Bima Arya.

Baca Juga: Atap Bangunan SDN Otista Ambruk, Disdik Kota Bogor : Perbaikan Dilaksanakan Tahun Ini

Bima Arya menjelaskan, terkait atap ruang kelas yang ambruk sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kota Bogor sejak Juni 2021 bahwa ada kondisi kelas yang mengkhawatirkan. Setelah itu, Dinas Pendidikan merespon dengan melakukan perencanaan untuk dianggarkan perbaikan di 2022.

Sambil menunggu perbaikan dan mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, Dinas Pendidikan kemudian menutup ruang kelas tersebut dan memasang peringatan bertuliskan ‘Kelas Ini Tidak Layak Digunakan’.  

“Tapi poinnya, pertama kita akan segera anggarkan gerak cepat melalui Biaya Tak Terduga (BTT) di BPBD agar ini diperbaiki dulu, untuk mengantisipasi juga pembelajaran tatap muka secara bertahap,” ujarnya.

Baca Juga: Atap Bangunan SDN Otista Ambruk, Tiga Ruang Kelas Rusak Berat

Bima Arya juga meminta Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi untuk memasukkan checklist kelayakan bangunan dan fasilitas pendukung lainnya sebelum PTM di mulai awal Oktober 2021.

“Dicek lagi untuk pemeriksaan fisik bangunan sekolah dari SD, SMP sampai SMA, menjelang PTM. Sekarang dilakukan checklist persiapan tatap muka awal Oktober," jelas dia.

Baca Juga: Ngeri! Bangunan SDN Gunung Gede Terancam Ambruk

Masih kata Politisi PAN itu, hal itu memberikan peringatan kepada semua bahwa mungkin saja selama PJJ ada kondisi-kondisi yang tidak termonitor.

"Maka itu satu dua minggu ke depan kita fokus mengecek lagi sekolah secara menyeluruh jangan sampai kemudian terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika tatap muka,” pungkasnya.***(Tim HS/Asep Supriyanto)

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cuaca Ekstrem di Kota Bogor, Rentetan Bencana Terjadi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:35 WIB

SD di Kota Bogor Siap Simulasi ANBK

Senin, 18 Oktober 2021 | 05:55 WIB

SD di Kota Bogor Siap Uji Coba PTM Terbatas

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:40 WIB
X