• Rabu, 7 Desember 2022

Bima Arya Janji Kawal Pembangunan GKI Yasmin

- Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB
Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja GKI Pengadilan. (Asep Supriyanto)
Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja GKI Pengadilan. (Asep Supriyanto)

HarianSederhana.com, Bogor - Setelah memberikan hibah lahan, kini Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja GKI (Yasmin) Pengadilan, yang berlokasi di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu 5 Desember 2021.

Bima Arya mengungkapkan semua memiliki peran dan andil, tidak hanya Pemerintah Kota Bogor, tetapi juga pihak sinode, para jemaat dan tentunya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), MUI, DMI dan RT, RW, LPM, serta pihak lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bima Arya meminta maaf kepada keluarga besar GKI karena penyelesaian konflik memakan waktu hingga terlambat 15 tahun. "Harusnya bisa lebih cepat, sehingga jemaat bisa menjalani ibadah dengan tenang dan damai," kata Bima.

Baca Juga: Sengketa Pasar Tekum, Pemerintah Kota Bogor Menang Gugatan di MA dan PTUN

Dijelaskan Politisi PAN itu, hal itu adalah hasil kebersamaan semua, dan pihaknya akan terus mengawal tidak hanya berdiri dan diresmikan. "Selama gereja ini berdiri selama itu juga kita kawal bersama kebebasan untuk menjalankan ibadah," ungkapnya.

Ke depan, kata Bima, akan ada banyak tantangan yang dihadapi, khususnya terkait pemahaman toleransi. Sebab, masih ada pihak yang belum paham tentang toleransi.

"Selain itu, ada juga pihak yang paham tentang toleransi tetapi mendapatkan informasi tentang yang terjadi, sehingga mudah terprovokasi dan mudah di tarik ke kanan atau ke kiri," tambahnya.

Baca Juga: Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Rel Ganda Bogor-Sukabumi di Batutulis

Bima meuturkan, pengalaman 15 tahun yang dikelola hingga peletakan batu pertama, tidak lepas dari ikhtiar mengedepankan edukasi, komunikasi, silaturahmi, konsistensi dan ujung-ujungnya konstitusi adalah pondasinya.

Dan dengan peletakan batu pertama tersebut kata Bima, menjadi langkah awal pembangunan gereja GKI Pengadilan yang diinformasikan Bima Arya kepada Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Hal itu lanjutnya, sebagai ikhtiar yang mengurangi beban diplomasi dan kepada duta besar Indonesia di seluruh dunia. Bima Arya mengaku mengirimkan surat untuk memberikan kabar tersebut.

Baca Juga: Kota Bogor Raih Peringkat Ketiga Nasional Debitur Terbaik Kemenkeu

“Insha Allah bukan hanya membangun satu gedung rumah ibadah, tetapi ini adalah membangun tatanan toleransi di negara Indonesia dengan berbasiskan kebersamaan. Dengan kebersamaan, komunikasi silaturahmi kita jaga sama-sama semangat toleransi yang tanpa henti ini,” tandasnya.

Sementara Perwakilan Majelis GKI Pengadilan Bogor, Krisdianto menjelaskan, peletakan batu sebagai langkah awal pembangunan fisik tempat ibadah.

Perjalanan panjang pembangunan gereja tersebut mulai mendapat solusi terbaik yang ditawarkan Wali Kota Bogor, Bima Arya pada Maret 2021 dengan memberikan hibah tanah di Cilendek Barat.

Baca Juga: Kemitraan BNI dan IPB University Wujudkan Campus Financial Ecosystem

Setelah melalui verifikasi dilanjutkan rekomendasi, pada 27 Mei 2021 FKUB menerbitkan surat rekomendasi pembangunan Gedung Gereja GKI Pengadilan di Bogor Barat.

Kemudian, setelah memenuhi persyaratan hibah, 11 Juni 2021 secara resmi Pemkot Bogor memberikan hibah sebidang tanah dengan luas 1.668 meter persegi kepada majelis Jemaat GKI Pengadilan Bogor.

Penerbitan IMB gedung gereja GKI Pengadilan di Bogor Barat dengan Nomor : 645.8-0723-IMB Tahun 2021 yang secara resmi diserahkan 8 Agustus 2021 ditambah penerbitan sertifikat tanah. "Hal ini menjadi dukungan penuh Pemkot Bogor membangun gereja," jelasnya.***(Asep Supriyanto)


 

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MWC NU-Satkoryon Banser Bagikan Takjil di Cibinong

Sabtu, 30 April 2022 | 14:57 WIB

Mabigus SDN Bangka 3 dan SDN Otista Dikukuhkan

Sabtu, 23 April 2022 | 05:15 WIB

Ade Yasin Lantik 1.324 Guru Honor menjadi PPPK

Kamis, 21 April 2022 | 05:22 WIB

MI Nurul Anwar Caringin Ambruk

Senin, 18 April 2022 | 10:20 WIB

Pemkab Bogor Siapkan Pembangunan SMPN 3 Kemang

Senin, 18 April 2022 | 10:07 WIB

Bima Arya Apresiasi Gerakan Kolekte Sampah

Minggu, 6 Maret 2022 | 19:24 WIB

Tujuh Langkah Penataan Simpang Ciawi

Minggu, 6 Maret 2022 | 17:50 WIB

Kabupaten Bogor Pilot Project Jabar Optimis Juara

Minggu, 27 Februari 2022 | 20:01 WIB

Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Festival HAM 2022

Kamis, 24 Februari 2022 | 23:33 WIB

Terpopuler

X