• Minggu, 2 Oktober 2022

Fogging Sebagai Ikhtiar Memberantas Nyamuk Penyebar Deman Berdarah

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:56 WIB
FOGGING1
FOGGING1

HARIAN SEDERHANA, DEPOK - Penyakit demam berdarah masih sering ditemukan di Indonesia. Penyebab utama penularan penyakit ini adalah nyamuk Aedes aegypti yang dapat bertelur di tempat basah mana saja. Nyamuk ini dapat ditemukan di tumpukan sampah ataupun genangan air. Telurnya juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang Panjang.

Salah satu cara yang dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes agypti adalah fogging atau pengasapan. Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun.

Sehubungan dengan hal tersebut, Sabtu (12/6/2021) warga RW 03 Kelurahan Depok Jaya, Pancoran Mas Kota Depok menggandeng pihak Dinas Kesehatan Kota Depok dan UPTD Puskesmas Depok Jaya untuk melaksanakan fogging di seluruh lingkungan tempat tinggal warga.

-
Salah satu petugas telah melakukan fogging di wilayah RW 03 Depok Jaya, Sabtu (12/6/2021).
Foto : Arsip Warga RW 03Menurut Syarifuddin (H. Udin) selaku koordinator penyemprotan mengatakan ada dua orang Petugas dari Dinas Kesehatan dan 1 petugas dari Puskesmas Depok Jaya diterjunkan menyisir seluruh area perumahan warga. Seluruh rumah-rumah warga mulai dari RT 01 hingga RT 11, ruang fasilitas umum seperti Masjid, Sekolah, Kantor RW dan Posyandu, serta bangunan fasilitas umum lainnya tak luput disemprot.

“Kami melakukan penyemprotan di dukung oleh Dinas Kesehatan Kota Depok dan Puskesma Depok Jaya. 3 botol obat penyemprot diberikan. Warga hanya urunan untuk membeli solar dan bensin sebagai bahan bakar buat alat penyemprot. Tidak hanya itu warga dan para ketua RT sangat berperan dalam membantu pengasapan”, tutur Syarifuddin kepada hariansederhana.com

-
Salah satu petugas telah melakukan fogging di Sekolah TK Taman Firdaus, Sabtu (12/6/2021).
Foto : Ari YaniSementara itu pelaksana tugas ke-RW-an Syafril mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya memberantas nyamuk sebagai penyebar penyakit Demam Berdarah di RW 03.

“Kami berikhtiar melakukan fogging atau penyemprotan untuk mengurangi penyebaran wabah demam berdarah tidak meluas. Karena di wilayah kami ini sudah ada beberapa warga yang terkena penyakit tersebut. Untuk itulah kami bekerjasama dengan dinas terkait melaksanakan kegiatan pengasapan”, pungkas Syafril.

Editor: Slamet

Tags

Terkini

Pembelinya Berkurang, Harga Sepeda Mulai Merosot

Senin, 14 Juni 2021 | 23:43 WIB

Terpopuler

X