• Minggu, 2 Oktober 2022

Dinas Dalduk KB Kota Bogor Salurkan Alat Kontrasepsi ke 54 Faskes

- Rabu, 15 September 2021 | 23:41 WIB
Kepala Dinas Dalduk KB Kota Bogor, Rakhmawati.  (Istragram/@rakhmawati_01)
Kepala Dinas Dalduk KB Kota Bogor, Rakhmawati. (Istragram/@rakhmawati_01)

 

HarianSedernana.com, Bogor - Angka kehamilan di Kota Bogor masih tinggi terutama di tengah pandemi, padahal Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) berperan aktif menyalurkan bantuan alat kontrasepsi secara gratis yang bersumber dari Pemerintah Pusat.

Anehnya, Dinas Dalduk KB juga mengaku tidak memiliki data kongkrit terkait angka kehamilan di Kota Bogor, dengan dalih hanya Dinas Kesehatan (Dinkes) yang memiliki data tersebut. Dengan demikian program yang digulirkan tak jelas targetnya. 

"Kalau bumil dan ibu menyusui di sini masih di Dinkes, kalau kita hanya membantu penggerakan. Jadi mengenai data itu adanya di Dinkes," kata Kepala Dinas Dalduk KB Kota Bogor, Rakhmawati, saat dikonfirmasi melalui Aplikasi WhatsApp-nya, Selasa (14/9/2021).

Bantuan alat kontrasepsi itu, kata Mantan Kadishub tersebut, disalurkan ke masyarakat melalui 54 fasilitas kesehatan (faskes), namun dia tidak ingat secara detil tentang jumlahnya karena cukup banyak.

Baca Juga: Pembagian Alat Kontrasepsi di Kota Bogor Dinilai Tak Efektif

"Bantuan itu disalurkan ke 54 faskes, jatahnya sesuai dengan surat permohonan atau permintaan," jelasnya.

Dijelaskan Istri Kepala Inspektorat Kota Bogor itu, bantuan alat kontrasepsi tersebut diperoleh dari gudang BKKBN ke gudang DPPKB lalu di sebar sesuai dengan surat permohonan dari fasilitas kesehatan yang sudah teregister sebagai fasilitas kesehatan yang melayani alat kontrasepsi

Selain kegiatan rutin pelayanan KB juga di alat kontrasepsi di alokasikan pada fasilitas kesehatan pada saat ada kegiatan momentum. seperti kegiatan momentum hari keluarga nasional, hari jadi kota bogor, hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan lain lain.

Halaman:

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aparatur Kelurahan Serua Semangat Jumsih

Minggu, 29 Mei 2022 | 15:04 WIB

PPAPRI Depok Tekankan SK KNPI Sah

Jumat, 27 Mei 2022 | 21:44 WIB

Lebaran Depok Perkenalkan Tradisi Tempo Dulu

Jumat, 27 Mei 2022 | 19:02 WIB

Terpopuler

X