• Minggu, 5 Desember 2021

Tumbuhkan Budaya Membaca, TBM Kelurahan Kedaung Sediakan Ribuan Koleksi Buku

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:14 WIB
Inilah koleksi buku di Kelurahan Kedaung, yang diharapkan dapat meningkatkan budaya membaca masyarakat.. (Dok.Diskominfo Kota Depok)
Inilah koleksi buku di Kelurahan Kedaung, yang diharapkan dapat meningkatkan budaya membaca masyarakat.. (Dok.Diskominfo Kota Depok)

HarianSederhana.com, Depok - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, Kota Depok terus melakukan langkah maju, sebagai upaya menumbuhkan budaya membaca buku di masyarakat.

Agar budaya membaca masyarakat meningkat, TBM Kelurahan Kedaung memperbanyak koleksi buku bacaannya. Bahkan hingga kini, jumlahnya mencapai ribuan buku.

"Ada banyak buku, termasuk novel, cerita anak bergambar, hingga buku mata pelajaran sekolah. Jadi bagi warga yang berniat meminjam buku bisa datang ke TBM Kelurahan Kedaung. Intinya, kami ingin budaya membaca masyarakat terus meningkat," kata Pengelola TBM Kelurahan Kedaung, Baldan Fathullah, dilansir situs resmi Pemkot Depok, Selasa 19 Oktober 2021.

Baca Juga: Kelurahan Pondok Petir Sosialisasi Pentingnya Taman Bacaan Masyarakat

Ribuan buku tersebut, katanya lagi, berasal dari pemberian donatur dan anggota. Warga bisa meminjam untuk dibawa pulang dengan prosedur yang berlaku.

“Warga yang ingin meminjam buku bisa melakukan registrasi. Yakni dengan mencatat data diri, buku yang dipinjam dan batas akhir pengembalian,” jelasnya.

Batas waktu peminjaman, ditambahkannya, hanya dua minggu, setelah itu warga sebagai peminjam harus melakukan registrasi ulang. Jika Buku yang dipinjam hilang, maka warga harus menggantinya.

"Gantinya bisa dengan buku dengan judul yang berbeda dari yang dipinjam," terang Baldan.

Baca Juga: Tak Ada Alternatif, Pembangunan Jalan Pasir Putih Bertahap

Baldan menjelaskan, keberadaan TBM Kelurahan Kedaung bisa memberikan kemudahan bagi warga, khususnya anak-anak dalam mengakses berbagai macam literasi. Kemudian, bisa mempersempit hal-hal negatif dan menjadi sentra pemberdayaan sekaligus menambah keahlian generasi muda.

"Lewat TBM juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan Kota Depok Layak Anak, minimal membentuk satu RW satu taman bacaan," pungkasnya.***(Tim HS/Sudibyo)

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sawangan Peringati Hari AIDS Sedunia

Rabu, 1 Desember 2021 | 20:44 WIB

Sahabat Mamuri Tebar Kebaikan Lewat Pembagian Beras

Selasa, 30 November 2021 | 21:00 WIB

Satpol PP Kota Depok Bongkar PKL di Bawah Fly Over ARH

Selasa, 30 November 2021 | 14:24 WIB

Camat Bojongsari Buka Temu Karya Karang Taruna III

Selasa, 30 November 2021 | 05:00 WIB

Kelurahan Pondok Petir Gelar Vaksin Sinovac Dosis Kedua

Selasa, 30 November 2021 | 05:00 WIB

Pesona Laguna Cilangkap Buka Sentra Vaksin Covid-19

Selasa, 30 November 2021 | 05:00 WIB

44 Anak di Kelurahan Sawangan Baru Alami Stunting

Senin, 29 November 2021 | 21:57 WIB

Alhamdulillah, PTMT Kota Depok Kembali Diselenggarakan

Senin, 29 November 2021 | 19:12 WIB

Plafon Ruang Guru SDN Curug 02 Ambruk

Minggu, 28 November 2021 | 15:20 WIB
X