• Sabtu, 10 Desember 2022

Gandeng IPB, Pemkab Bogor Bertekad Pulihkan Tata Ruang di Wilayah Barat

- Selasa, 22 Februari 2022 | 13:09 WIB
Salah satu kondisi kesemrawutan lalu lintas di Bogor Barat. (Istimewa)
Salah satu kondisi kesemrawutan lalu lintas di Bogor Barat. (Istimewa)

HarianSederhana.com, Bogor - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam upaya memperbaiki tata ruang kawasan Bogor Barat yang kini kondisinya sudah sangat memprihatikan.

Pemkab Bogor membentuk tim kecil gabungan beberapa instansi yang berkaitan, di antaranya Bappedalitbang, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Kecamatan, Polsek, dan Koramil. Tim ini untuk memperbaiki tata ruang kawasan Bogor Barat dan menyusun desain penataan.

“Kita telah membentuk tim kecil gabungan. Tim itu akan bekerja menyusun desain penataaan kawasan sekitar IPB dan sekitar Bogor Barat. Pertemuan ini untuk membahas bagaimana mengintegrasikan jalan yang ada dengan rencana Pemda, rencana tol, dan rencana penataan di sekitar IPB dan sekitarnya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin usai bertemu Rektor IPB University, Prof Arif Satria di Kampus IPB Dramaga, Senin 21 Februari 2022.

Baca Juga: Vaksinasi Pertama dan Kedua SDN Cibalung 2 Lancar

Menurut Burhan, penataan kawasan Bogor Barat bersama IPB itu di antaranya pada pembangunan Jalan Baru Dramaga-Laladon II sepanjang sekitar 6.000 meter, dan penanganan jalan di wilayah Dramaga dan sekitarnya.

Termasuk, untuk penanganan Jalan Petir-Situ Uncal Kecamatan Dramaga, Peningkatana Jalan Pasar Dramaga-Petir Kecamatan Dramaga. Kemudian Peningkatan Jalan Warung Borong – Rancabungur Kecamatan Ciampea, Peningkatan Jalan Cihideung-Situ Daun dan Gunung Malang Tenjolaya Kecamatan Ciampea dan Kecamatan Tenjolaya.

“Kita tata bersama-sama. Kami akan menyusun konsep bersama soal rencana penataan kawasan Bogor Barat ini,” jelas Burhan.

Baca Juga: HPSN, OSIS MAN 3 Karawang Gulirkan Gerakan Madrasah Bersih

Penyusunan konsep tersebut ditargetkan selesai pada akhir bulan Februari ini. “Konsep ini sangat penting untuk penataan tata ruang di Kabupaten Bogor. Dan rencananya akan dibahas dalam rakor oleh Ibu Bupati dan Rektor IPB bersama pemerintah pusat awal bulan nanti,” tutur Burhan.

Sementara, Rektor IPB Arif Satria menegaskan bahwa pihaknya bersama tim sepakat dan akan segera merumuskan konsep penataan wilayah Bogor Barat secara spesifik.

“Akhir bulan selesai, awal bulan bisa kita bawa bersama Bupati Bogor ke pusat, untuk menjadikan daerah Bogor Barat menjadi daerah maju, berkembang dan potensial,” kata Arif.***(BP. Sianturi)

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aparatur Kelurahan Serua Semangat Jumsih

Minggu, 29 Mei 2022 | 15:04 WIB

PPAPRI Depok Tekankan SK KNPI Sah

Jumat, 27 Mei 2022 | 21:44 WIB

Lebaran Depok Perkenalkan Tradisi Tempo Dulu

Jumat, 27 Mei 2022 | 19:02 WIB

Terpopuler

X