• Kamis, 6 Oktober 2022

Selain Covid-19, Dinkes Kota Depok Fokus Penguatan dan Penanggulangan DBD

- Kamis, 3 Maret 2022 | 00:00 WIB
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati menyatakan pihaknya fokus penanggulangan DBD.  (berita.depok.go.id)
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati menyatakan pihaknya fokus penanggulangan DBD. (berita.depok.go.id)

HarianSederhana.com, Depok - Selain penyebaran kasus Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus melakukan berbagai upaya dalam menghadapi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pasalnya, saat ini terdapat beberapa kasus DBD di sejumlah wilayah Kota Depok. Berdasarkan data yang dihimpun, kasus DBD pada Januari 2022 sebanyak 394 kasus. Sedangkan pada Februari hingga tanggal 24 mencapai 207 kasus.

"Guna menghadapi DBD, kami melakukan penguatan kewaspadaan dan survailans bidang kesehatan. Terutama dalam pencegahan dan penanggulangan DBD," ungkap Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Rabu 2 Maret 2022, sebagaimana dilansir berita.depok.go.id.

Baca Juga: Operasi Pasar Minyak Goreng di Kecamatan Beji, Warga Ucapkan Terima Kasih

Lebih lanjut diutarakannya, penguatan dilakukan melalui Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat di tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Kami juga mengingatkan kepada kader melalui puskesmas setempat untuk lebih aktif, yaitu melaksanakan kegiatan Pemantauan Jentik Berkala (PJB) dan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantaik (G1R1Ji)," jelasnya.

Kemudian, ujar dia, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) juga melakukan penanganan kepada pasien terduga DBD. Yang selanjutnya menangani pasiem secara tepat. 

Baca Juga: PKK Kecamatan Bojongsari Gelar Bina Wilayah di Kelurahan Pondok PetirBaca Juga: PTS SD Ditetapkan 7 Maret 2022

“Juga menginstruksikan puskesmas dan RS untuk menangani pasien DBD sesuai kewenangan dan standar operasional prosedur (SOP),” tambahnya. 

Halaman:

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aparatur Kelurahan Serua Semangat Jumsih

Minggu, 29 Mei 2022 | 15:04 WIB

PPAPRI Depok Tekankan SK KNPI Sah

Jumat, 27 Mei 2022 | 21:44 WIB

Lebaran Depok Perkenalkan Tradisi Tempo Dulu

Jumat, 27 Mei 2022 | 19:02 WIB

Terpopuler

X