• Rabu, 7 Desember 2022

Wali Kota Depok : Ramadhan Bulan Penuh Berkah

- Rabu, 6 April 2022 | 14:15 WIB
Wali Kota Depok, Mohammad Idris.  (Heru Sasongko)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris. (Heru Sasongko)

HarianSederhana.com, Depok - Bulan Ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah atau keberkahan. Secara bahasa, arti dari berkah atau barokah yang berasal dari bahasa Arab sama halnya dengan kata mubarak dan tabaruk, yaitu nikmat.

Sedangkan dari segi istilah, berkah atau barokah Alquran dan sunah Nabi SAW adalah langgengnya, atau dapat pula diartikan ziyadatul khoir (bertambahnya kebaikan).

Sementara, menurut Imam Nawawi, asal berkah atau barokah adalah kebaikan yang banyak dan abadi.

Baca Juga: Daftar Zakat Fitrah Ramadhan dari BAZNAS Provinsi Jawa Barat: Kota Depok dan Bogor Rp 45.000

Hal ini disampaikan Wali Kota Depok, Mohammad Idris dalam tausiahnya di hari keempat Ramadhan, yang mengangkat tema Bulan Penuh Berkah.

"Para ulama juga menjelaskan bahwa arti berkah atau barokah adalah sesuatu yang banyak dan melimpah, baik secara material maupun spiritual. Juga meliputi keamanan, keamanan, kesehatan, harta dan lain-lain," ungkap Mohammad Idris, Rabu 6 April 2022.

Wali Kota memaparkan sejumlah contoh berkah, antara lain bekerja dengan baik, sehingga mendapatkan berkah. Itu disebut berkah bekerja.

Baca Juga: Tawuran Lagi di Bojong Gede, Seorang Remaja Alami Luka Parah

"Misalnya Dinas Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melaksanakan kegiatan membangun jembatan. Setelah selesai dimanfaatkan warga, itu namanya berkah pelaksanaan kegiatan DPUPR. Contoh lain Dinas Kebakaran dan Penyelamatan menyelesaikan pemadaman api saat kebakaran. Itu berkah berkah dalam pelaksanaannya," paparnya.

Halaman:

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aparatur Kelurahan Serua Semangat Jumsih

Minggu, 29 Mei 2022 | 15:04 WIB

PPAPRI Depok Tekankan SK KNPI Sah

Jumat, 27 Mei 2022 | 21:44 WIB

Lebaran Depok Perkenalkan Tradisi Tempo Dulu

Jumat, 27 Mei 2022 | 19:02 WIB

Terpopuler

X