• Selasa, 24 Mei 2022

SDN Siliwangi Ikuti Simulasi Bencana Alam

- Rabu, 20 April 2022 | 16:35 WIB
BNPB saat menyosialisasikan mitigasi bencana bagi siswa-siswi dan guru di SDN Siliwangi Cigombong. (BP Sianturi/Harian Sederhana)
BNPB saat menyosialisasikan mitigasi bencana bagi siswa-siswi dan guru di SDN Siliwangi Cigombong. (BP Sianturi/Harian Sederhana)


HarianSederhana.com, Bogor  – Puluhan siswa-siswi serta guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Siliwangi, Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor mengikuti sosialisasi dan simulasi bencana alam, Selasa (19/4/2022).

Kegiatan yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) ini sebagai rangkaian menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tingkat Nasional pada 26 April 2022 mendatang.

Sosialisasi dan simulasi bencana alam ini dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kabupaten Bogor, Kasie Penkes Cigombong, serta petugas relawan bencana nasional.

Baca Juga: Siswa SMAN 1 Citeureup Ikuti Sanlat

Kepala SDN Siliwangi, Kurtubi menyambut baik adanya simulasi penanganan atau mitigasi bencana yang dilaksanakan BNPB. Ia menilai kegiatan ini bisa menambah pengetahuan para guru, siswa, serta warga sekolah.

“Tentunya sangat bermanfaat sekali bagi kami keluarga besar SDN Siliwangi mendapat kesempatan untuk diberikan cara atau pengetahuan tentang penanganan mitigasi bencana alam. Ini ilmu yang positif yang kami dapat pada hari ini. Kami akan sebarkan lagi lewat anak-anak ke orang tuanya atau temanya sehingga ilmu yang didapat hari ini dapat bermanfaat untuk semua orang,” ujar Kurtubi kepada wartawan.

Menurutnya, bencana bukan hanya tanah longsor atau gempa bumi, tapi angin ribut, hujan deras pun akan menyebabkan bencana alam. Maka, walau di lingkungan sekolah aman dari longsor, namun di wilayah kecamatan Cigombong rawan angin puting beliung dan hujan deras.

Baca Juga: Kelurahan Curug Wujudkan Lansia Sehat Jasmani dan Rohani

Dengan sosialisasi ini siswa atau guru-guru di SDN Siliwangi untuk belajar mengetahui bagaimana cara menghindari atau selamat dari bencana.

“Kecamatan Cigombong masuk daerah rawan bencana, dan bukan hanya longsor saja tapi angin puting beliung juga sering terjadi. Untuk itu, pentingnya pengetahuan mengenai keselamatan diri dan keluarga dari bencana alam," bebernya. 

Halaman:

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Pertama, 11 Kecamatan di Depok Disidak

Selasa, 10 Mei 2022 | 19:08 WIB

12 Posyandu Meruyung Dukung RW Ramah Anak

Jumat, 29 April 2022 | 03:58 WIB

Siswa SDN Pasir Putih 03 Diajarkan Peduli Sesama

Jumat, 22 April 2022 | 11:55 WIB

32 Anak Yatim SDN Curug 02 Dapat Santunan

Jumat, 22 April 2022 | 11:48 WIB

Terpopuler

X