• Selasa, 24 Mei 2022

Pangdam Jaya Resmikan SMAN 1 Depok sebagai Sekolah Toleransi

- Kamis, 21 April 2022 | 05:07 WIB
Pangdam Jaya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Untung Budiharto bersama para pemangku kepentingan di Kota Depok meresmikan sekolah toleransi di SMAN 1. (Heru Sasongko)
Pangdam Jaya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Untung Budiharto bersama para pemangku kepentingan di Kota Depok meresmikan sekolah toleransi di SMAN 1. (Heru Sasongko)

HarianSederhana.com, DepokPangdam Jaya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Untung Budiharto meresmikan SMAN 1 Depok sebagai sekolah toleransi, Rabu (19/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Jaya didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi, Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri, Ketua DPRD Kota Depok TM Yusufsyah Putra, Kepala Kejari Depok Mia Banulita, Kabag Oprasional Polres Metro Depok AKBP Yulianus, unsur forkopimda, dan para kepala sekolah se-Depok.

“Seluruh kepala sekolah se-Depok dan pemangku kepentingan pendidikan menyelenggarakan peresmian sekolah toleransi. Ini untuk memupuk generasi muda kita agar memiliki sifat yang toleran, yakni menghargai sesama, mampu bekerjasama dan menciptakan kerukunan tanpa memandang suku, bangsa, agama, dan sebagainya,” ungkap Mayjen Untung.  

Baca Juga: Kisah Qorun Menarik Perhatian Siswa SDN Sawangan 05

Dari sekolah inilah, lanjutnya, kader toleransi akan muncul dan menjadi pionir di dalam masyarakat. Sekolah tolerasi akan ditularkan di sekolah lain karena toleransi merupakan kekuatan untuk menjaga persatuan.

“Sekolah toleransi dibentuk untuk mengaplikasikan sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia. Selain itu agar toleransi menjadi budaya di masyarakat, khususnya bagi generasi muda yang akan melanjutkan kepemimpinan di masa mendatang,” jelasnya.  

Diutarakannya, konflik berpotensi terjadi di mana pun berada, sehingga perlu diciptakan sistem, sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan mengedepankan toleransi.

Baca Juga: BNI Perkuat Ekosistem Diaspora Indonesia di Amerika

“Alasan Depok dipilih karena salah satu wilayah aglomerasi dari Kodam Jaya. Hal ini pernah dilaksanakan juga dengan topik yang berbeda. Sebelumnya, di Bekasi dengan salam Pancasilanya. Itu jadi satu program rangkaian,” katanya.

Halaman:

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Pertama, 11 Kecamatan di Depok Disidak

Selasa, 10 Mei 2022 | 19:08 WIB

12 Posyandu Meruyung Dukung RW Ramah Anak

Jumat, 29 April 2022 | 03:58 WIB

Siswa SDN Pasir Putih 03 Diajarkan Peduli Sesama

Jumat, 22 April 2022 | 11:55 WIB

32 Anak Yatim SDN Curug 02 Dapat Santunan

Jumat, 22 April 2022 | 11:48 WIB

Terpopuler

X