• Selasa, 21 September 2021

Wisuda Drive Thru, Lebih Simpel dan Tak Terlupakan

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 19:31 WIB
DRIVE2
DRIVE2

HARIAN SEDERHANA, DEPOK - Pandemi Covid-19 tak menyurutkan niat para siswa, guru dan orangtua siswa di TK Islam Taman Firdaus Kota Depok untuk menggelar wisuda sekolah. Kondisi ini turut memancing ide kreatif dari sekolah.

Berupa pelaksanaan wisuda siswa dengan sistem drive thru. Meski tak ada pesta perpisahan atau kemeriahan tapi semangat dan rasa bangga tetap hadir.

Salah satu orang tua yang bersemangat dan mendukung wisuda ini adalah Annisa Nurjanah.

“Senang saja daripada tidak (wisuda) sama sekali. Meski berbeda tapi tidak masalah juga,” jelasnya Sabtu (12/6/2021).

Pengalaman ini tentunya menjadi pengalaman tak terlupakan bagi semua siswa, guru dan para orangtua.

-
Siswa tengah diambil gambar video untuk kemudian akan di edit dan digabungkan untuk bisa ditonton di rumah masing-masing.
Foto : Ari Yani
Ari Yani salah satu guru mengatakan masker dan face shield menjadi syarat wajib saat menjalani prosesi. Alat pelindung diri ini harus terus dipakai saat memasuki panggung wisuda. Peraturan ini juga berlaku bagi orangtua, guru dan beberapa undangan.

“Saat datang langsung dicek suhu pakai thermal gun, protokol kesehatannya diutamakan. Wisuda ini malah sistemnya simpel, paling lamanya cuma foto. Ini hanya kasih medali lalu selesai,” katanya.

Kepala sekolah TK Islam Taman Firdaus Ita Rohmulyati menuturkan, ada regulasi baku terkait wisuda drive thru ini. Acuan utamanya adalah protokol kesehatan Covid-19. Terutama tentang pengenaan masker, face shield dan physical distancing.

Walau begitu, ia dan para guru berusaha tak menghilangkan esensi dari prosesi wisuda. Terlebih momentum ini sangatlah spesial bagi para siswa. Hanya saja dari segi kemasan menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19.

“Prosesi kelulusan adalah momentum yang istimewa bagi siswa dan juga orang tua, sehingga kami tidak ingin menghilangkan itu,” ujarnya.

Sebelum prosesi berlangsung, seluruh siswa dan orang tua menjalani gladi bersih. Berupa video tata cara wisuda drive thru. Seluruhnya dipelajari dari rumah. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk hingga prosesi foto kelulusan di pintu lainnya.

Pos selanjutnya peserta wisuda naik ke atas panggung. Berlanjut dengan prosesi foto bersama Kepala Sekolah dan walikelas. Pada saat di panggung wisuda ini, para orang tua diperkenankan untuk mengabadikan momen dengan gawai masing-masing.

-
Ketua Yayasan Taman Firdaus Isno Hadi tengah diambil gambar video saat memberikan sambutannya.
Foto : Annisa Nurjanah“Setiap peserta wisuda masing-masing menghabiskan waktu kurang dari 10 menit dalam proses wisuda drive thru ini. Cara ini kami pilih untuk menghindari kerumunan dan interaksi intensif,” pungkas Ita.

Editor: Slamet

Tags

Terkini

GAWAT!!! 622 Gardu PLN Diterjang Puting Beliung

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Festival Bojongsari Keren, Gairahkan Produk UMKM

Selasa, 21 September 2021 | 17:33 WIB

Sambutan Hangat Warnai Kedatangan Kepala SDN Curug 01

Senin, 20 September 2021 | 20:44 WIB

Kartu Depok Sejahtera, Bukti Idris-Imam Tepat Janji

Sabtu, 18 September 2021 | 07:35 WIB
X