• Selasa, 21 September 2021

Biaya Pemakaman Covid-19 Dikenakan Rp 5 Juta, Pradi: Turut Prihatin

- Senin, 26 Juli 2021 | 11:15 WIB
Pradi
Pradi

HARIAN SEDERHANA, DEPOK - Mantan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengaku prihatin adanya oknum pengurus tempat pemakaman umum Lemperes, Kecamatan Sukmajaya yang meminta biaya pemakaman untuk jenazah Covid-19 sebesar Rp 5 juta.

"Saya pribadi turut prihatin. Masih saja ada oknum yang memanfaatkan kondisi pandemi ini dengan membisniskan, " kata Pradi Supriatna, Senin (26/7/2021).

Baca Juga:  Warga Cikumpa Resah Biaya Pemakaman Covid-19 Dibandrol Rp 5 Juta 

Kejadian ini ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyalahkan pemerintah daerah. Pemerintah daerah kata Politisi Partai Gerindra ini sudah menyediakan lahan pemakaman khusus jenazah Covid-19.

"Kejadian ini dilakukan oleh oknum. Kejadian seperti ini jangan lantas Pemerintahan yang disalahkan. Tapi lihat secara detail kejadian tersebut, " tutur dia

Pradi harap, oknum tersebut sadar akan perbuatan yang merugikan masyarakat. Kalau bisa kata dia, sadar akan kekhilafan yang dilakukan.

"Diharapkan oknum tersebut sadar akan kekhilafan, " tutup dia.

Baca Juga:  4 Pelonggaran Aktivitas PPKM Level 4 yang Diperpanjang Hingga 2 Agustus

Sebelumnya, Warga Cikumpa, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok merasa keberatan dan mulai resah.

Pasalnya kondisi pandemi yang sedang melanda negeri ini bahkan dunia. Ada saja ‘oknum’ memanfaatkan menjadi ladang bisnis.

Salah satu tempat Pemakaman Umum Lemperes “membandrol” biaya pemakaman untuk jenazah covid-19, Rp 5 juta. Hal itu diungkapkan salah satu warga Kampung Cikumpa.

“Ya benar, pemakaman Lemperes khusus untuk warga Cikumpa. Tapi sekarang dikenakan biaya Rp 5 juta untuk jenazah Covid-19 yang dimakamkan di Pemakaman Lemperes. Biasanya jenazah bukan Covid-19 hanya Rp 1 juta, ” katanya kepada Harian Sederhana.

Ia mendapat informasi itu dari para keluarga almarhum yang pihak keluarganya dimakamkan di pemakaman Lemperes tersebut.

Mereka kata dia, merasa keberatan dengan harga yang dipatok pengurus pemakaman tersebut.

“Pemakaman itu khusus warga Cikumpa. Tapi dikenakan biaya Rp 5 juta khusus jasad yang meninggal dunia karena Covid-19,” terang dia.

Lebih lanjut, warga Cikumpa ini mencakup RW 1 Kelurahan Mekar Jaya, Rw 02, Rw 5, Kelurahan Sukmajaya, Rw 6 , Rw 7, Rw 8, Rw 9, dan RW 10 Kelurahan Sukmajaya.

Tapi mereka yang sudah tinggal lama di Cikumpa. Lebih lanjut kata dia, pemakaman Lemperes ini adalah tanah wakaf.

” Pemakaman khusus warga kampung Cikumpa. Kecuali sudah tinggal di kampung Cikumpa sejak tahun 1990- an. Mereka yang dimakamkan khusus untuk keturunan warga Cikumpa. Kalau orang luar tidak boleh, ” tutup dia.

Sementara itu pengurus pemakaman Lemperes ketika dikonfirmasi tidak merespon terkait hal tersebut.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Festival Bojongsari Keren, Gairahkan Produk UMKM

Selasa, 21 September 2021 | 17:33 WIB

Sambutan Hangat Warnai Kedatangan Kepala SDN Curug 01

Senin, 20 September 2021 | 20:44 WIB

Kartu Depok Sejahtera, Bukti Idris-Imam Tepat Janji

Sabtu, 18 September 2021 | 07:35 WIB
X