• Selasa, 21 September 2021

LSM Sahabat Edukasi Lingkungan, Ciptakan Kolaborasi dan Pemberdayaan  saat Idul Adha 2021.

- Senin, 26 Juli 2021 | 14:25 WIB
WhatsApp Image 2021-07-21 at 08.31.27
WhatsApp Image 2021-07-21 at 08.31.27

HARIAN SEDERHANA, DEPOK - Tanggal 20 juli 2021 lalu, umat muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha, hanya saja ada yang berbeda dalam pelaksanaan kali ini , kita masih berada pada tahun ke 2 masa pandemi, sehingga banyak aktivitas terbatasi bahkan di beberapa tempat ditiadakan pengadaan sholat Ied maupun pemotongan hewan qurban di masjid.

Di masa pandemi ini banyak masyarakat tetap melakukan pemotongan hewan Qurban dengan melaksanakan protokol Kesehatan yang ketat, bahkan sebelum pemotongan hewan qurban, panitia wajib melakukan swab antigen. Selain itu di beberapa tempat, masyarakat melakukan pemotongan hewan qurban pada RPH (Rumah Pemotongan Hewan) agar tidak terjadi kerumunan massa.

Beda lagi dengan yang dilakukan oleh salah satu LSM kota Depok yaitu Yayasan sahabat edukasi lingkungan. Melihat kondisi pandemic covid19 yang meningkat di Indonesia, Yayasan sahabat edukasi lingkungan mengajak kolaborasi  para UMKM yang selama ini mempunyai usaha jasa Aqiqah untuk bekerjasama melakukan pemotongan qurban.

Menurut Gozali (35) , ketua Yayasan sahabat edukasi lingkungan mengatakan bahwa dalam masa pandemi covid-19 ini, banyak pihak terutama UMKM terkena dampak, karena adanya  PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Melihat kondisi seperti itu, Yayasan Sahabat Edukasi Lingkungan bekerjasama dengan UMKM Jasa Aqiqah membuat kegiatan Cerdas Aqiqah, untuk melakukan pemotongan hewan Qurban.

“Kolaborasi ini bukan hanya melakukan pemotongan hewan qurban, tetapi juga mengolah hewan Qurban yang telah di potong menjadi masakan yang siap dihidangkan,nantinya masakan tersebut akan di berikan kepada masyarakat luas dengan wadah yang bagus dan higienis”, kata Gozali dalam kegiatan pemotongan hewan Qurban bekerjasama dengan Cerdas Aqiqah , Selasa (20/7/2021).

Sementara itu, pemilik usaha Cerdas Aqiqah, Sony Saefulman, menambahkan, kolaborasi kegiatan ini sangat menguntungkan UMKM, karena membuka peluang usaha baru dan meningkatkan kreativitas usaha, karena selama ini masyarakat pada menganggap bahwa umkm jasa aqiqah hanya untuk aqiqah, padahal masyarakat pun dapat melakukan pemotongan hewan qurban dan juga dapat meminta UMKM jasa aqiqah untuk mengolah daging qurban menjadi masakan yang siap dihidangkan , lalu panitia Qurban dapat mendistribusikannya ke masyarakat dalam bentuk yang siap untuk dikonsumsi.

“Semoga dengan adanya kolaborasi antara Yayasan Sahabat Edukasi Lingkungan dengan UMKM Cerdas Aqiqah, masyarakat mempunyai alternatif dalam pemotongan hewan Qurban, selain melaksanakan pemotongan mandiri dengan protocol Kesehatan yang ketat, ataupun memotong hewan Qurban di RPH (rumah pemotongan hewan), masyarakat juga dapat menggunakan jasa UMKM Jasa aqiqah, karena selain efisien,praktis dan juga memberdayakan UMKM”, tutup Gozali.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

GAWAT!!! 622 Gardu PLN Diterjang Puting Beliung

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Festival Bojongsari Keren, Gairahkan Produk UMKM

Selasa, 21 September 2021 | 17:33 WIB

Sambutan Hangat Warnai Kedatangan Kepala SDN Curug 01

Senin, 20 September 2021 | 20:44 WIB

Kartu Depok Sejahtera, Bukti Idris-Imam Tepat Janji

Sabtu, 18 September 2021 | 07:35 WIB
X