Kulit Pisang Bermanfaat Bagi Kesehatan, Berikut Penjelasannya

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:05 WIB
Penjelasan manfaat kulit pisang bagi kesehatan. (Photo by Vanessa Loring from Pexels)
Penjelasan manfaat kulit pisang bagi kesehatan. (Photo by Vanessa Loring from Pexels)

HarianSederhana.com, GAYA HIDUP - Siapa yang menyangka bahwa kulit pisang ada khasiat bukan cuman dagingnya sendiri. Bahkan sebuah laporan ilmiah menemukan adanya kandungan antioksidan di kulit pisang. Kemudian, apa saja sih manfaat kulit pisang itu sebenernya?

Sama halnya seperti daging buah pisang, kulit pisang juga menawarkan vitamin B6 dan vitamin B12. Masing-masing mempunyai fungsi penting terhadap sistem saraf pusat dan kesehatan sel darah. Selain itu, kulit pisang menyimpan kandungan magnesium, kalium, serat, dam protein. Semua nutrisi di kulit pisang ini pun memiliki efek yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Kulit Pisang Yang Perlu Kamu Ketahui

1. Sumber Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan yang tinggi pada kulit pisang didasari kandungan fitokimia seperti polifenol dan karotenoid yang ada di dalamnya. Kelebihan lain yang dimiliki kulit pisang adalah sifat antikarsinogenik (pemicu kanker), antimutagenik (mutasi penyebab sel rusak), dan sifat terapi atau perwatan terhadap penyakit.

2. Alternatif Perwatan Kulit

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang cerah dan minim kerutan bisa kamu dapatkan dengan menggosoknya perlahan di wajah. Taruh kulit pisang di kelopak maya yang tetutup dapat mengcilkan kantung mata. Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai pelembab untuk menghidrasi kulit. Menggosok perlahan kulit pisang dipercaya dapat membantu menyamarkan berkas jerawat.

3. Memutihkan Gigi

Meskipun penerapan manfaat kulit pisang di gigi belum diteliti secara langsung. Banyak praktisi penyembuhan alami yang mempercayai bahwa kulit pisang yang digosokkan ke gigi punya efek menyehatkan. Potensi kulit pisang tersebut juga disebut dalm jurnal Contemporary Clinical Desntistry. Dalam laporan tersebut, diketahu jika kulit pisang menyimpan sifat anti-bakteri terhadap A. actinomycetemcomitans dan P. gingivalis. Kedua bakteri ini punya andil dalam penyakit gigi seperti radang gusi dan infeksi gusi.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Juliette- Dewa 19 Feat Ello

Senin, 4 April 2022 | 11:08 WIB

Lirik Lagu Hati Hati di Jalan- Tulus

Sabtu, 2 April 2022 | 17:04 WIB

Ini Lirik Lagu Superstar-Sycco

Selasa, 29 Maret 2022 | 23:01 WIB

Terpopuler

X