Wah Asap Rokok Ternyata Faktor Utama Penyebab Penyakit Paru

- Jumat, 24 September 2021 | 14:00 WIB
Ilustrasi rokok (Pixabay/geralt)
Ilustrasi rokok (Pixabay/geralt)

HarianSederhana.com, Jakarta - Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyatakan bahwa asap rokok menjadi faktor risiko utama penyebab terjadinya Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

"Faktor risiko utama terjadinya PPOK adalah paparan asap rokok," kata Ketua Umum PDPI Agus Dwi Susanto dalam konferensi pers "Peringatan Hari Paru Sedunia (World Lung Day)" yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat 24 September 2021.

Di Indonesia PPOK menjadi salah satu penyakit paru penyebab kematian dengan angka prevalensi sekitar 4,5 persen yang faktor utamanya disebabkan asap rokok.

Baca Juga: Polres Depok Tangkap Pelaku Pembunuhan Anggota TNI

Secara global, diperkirakan terdapat 384 juta penduduk dunia yang mengalami PPOK, dengan tiga juta orang meninggal setiap tahunnya karena PPOK.

Dalam kesempatan itu, Agus menyampaikan, terdapat lima penyakit pernapasan yang paling besar dampaknya bagi sistem kesehatan yaitu PPOK, asma, infeksi saluran napas bawah akut, tuberkulosis (TB) dan kanker paru.

Pada penyakit asma, menurut dia, sekitar 334 juta penduduk dunia mengalami asma dan angka insidensinya selalu meningkat dalam tiga dekade terakhir.

Baca Juga: PB PON Luncurkan Aplikasi PONPapua untuk Streaming Siaran Pertandingan

"Terdapat sejumlah faktor yang dapat memicu munculnya asma yaitu faktor genetik, polusi udara, infeksi saluran napas pada masa kanak-kanak, faktor makanan dan paparan alergen lingkungan," katanya.

Halaman:

Editor: Mohammad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Juliette- Dewa 19 Feat Ello

Senin, 4 April 2022 | 11:08 WIB

Lirik Lagu Hati Hati di Jalan- Tulus

Sabtu, 2 April 2022 | 17:04 WIB

Ini Lirik Lagu Superstar-Sycco

Selasa, 29 Maret 2022 | 23:01 WIB

Terpopuler

X