• Rabu, 7 Desember 2022

Ini Obat Batuk Alami yang Wajib Hukumnya Kamu Tahu!!!

- Senin, 4 Oktober 2021 | 21:51 WIB
Referensi obat batuk untuk kamu di musim pancaroba. (Photo by Vlada Karpovich From Pexels)
Referensi obat batuk untuk kamu di musim pancaroba. (Photo by Vlada Karpovich From Pexels)

HarianSederhana.com, GAYA HIDUP - Sebagian besar wilayah di Indonesia kini mengalami musim pancaroba yang ditandai dengan perubahan cuaca tak menentu. Karenanya, tubuh manusia rentan terkena penyakit, khususnya batuk. Meredakannya tentu membutuhkan obat batuk.

Meski begitu jangan sembarangan juga untuk mengkonsumsi obat batuk. Perlu dikenali terlebih dahulu jenis batuk yang dialami.

Batuk yang terjadi karena musim pancaroba jika dibiarkan lama-lama akan menjadi pemicu timbulnya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Berikut ini obat batuk alami yang menjadi alternatif menyembuhkan batuk.

Racikan tradisional pertama berasal dari campuran air madu. Madu alami mampu menyembuhkan batuk kering maupun batuk berdahak. Kamu bisa meminum air madu langsung dengan takaran satu sendok teh atau mencampur air madu dengan susu atau teh.

Baca Juga: Meski Pahit, Ini Lima Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Pastikan gunakan air hangat ketika mencampur madu. Resep air madu paling mudah adalah dengan mencampurkan perasan lemon, teh, dan madu.

Yang kedua, jahe. Resep obat batuk herbal dari jahe terbukti mampu menghangatkan tubuh dan juga mengencerkan dahak. Oleh karena itu, jahe mampu menyembuhkan batuk berdahak. Jahe bisa dicampurkan ke dalam air hangat atau teh.

Tak hanya batuk berdahak, jahe juga mampu menyembuhkan batuk kering. Sensasi hangat dari jahe mampu menenangkan kondisi otot tenggorokan yang tegang.

Kemudian yang ketiga, racikan daun peppermint. Seperti jahe, daun peppermint memiliki rasa hangat dan sedikit pedas. Daun peppermint bisa dicampurkan ke dalam teh atau dibuat infused water.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Juliette- Dewa 19 Feat Ello

Senin, 4 April 2022 | 11:08 WIB

Lirik Lagu Hati Hati di Jalan- Tulus

Sabtu, 2 April 2022 | 17:04 WIB

Ini Lirik Lagu Superstar-Sycco

Selasa, 29 Maret 2022 | 23:01 WIB

Terpopuler

X