• Senin, 3 Oktober 2022

Disdik Purwakarta Gaungkan Gerakan Menanam Pohon Bambu

- Kamis, 9 September 2021 | 06:05 WIB
Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta melakukan gerakan menanam pohon bambu di halaman sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta. (Dok Pemkab Purwakarta)
Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta melakukan gerakan menanam pohon bambu di halaman sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta. (Dok Pemkab Purwakarta)

HarianSederhana.com, PURWAKARTA - Melestarikan alam adalah tugas bersama seluruh lapisan, baik itu pemerintah daerah maupun masyarakat. Terkait hal itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta menginisiasi gerakan menanam pohon bambu di halaman seluruh SD-SMP se-Kabupaten Purwakarta.

Purwanto selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta menuturkan, gerakan menanam pohon bambu ini sesuai dengan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Nomor 522.21/2927/Disdik Tanggal 30 Agustus 2021 tentang Imbauan Penanaman Pohon Bambu di Satuan Pendidikan.

Gerakan menanam pohon bambu se-Kabupaten Purwakarta ini diadakan secara serentak pada Rabu (08/09) dan dipantau secara virtual.

"Indonesia adalah negara kaya raya, berbagai jenis bambu ada di negara ini. Menurut literatur ada 88 jenis bambu endemik di indonesia dari 159 spesies dan 1250 spesies yang ada di Indonesia," tutur Purwanto dalam rilis resmi yang diterima Harian Sederhana, Kamis (09/09).

Baca Juga: Hyundai Diapresiasi Pj Bupati Bekasi, Kok Bisa?

Menurut Purwanto, bambu-bambu ini harus dikonservasi dikenalkan pada generasi penerus bangsa. Maka sekolah adalah lembaga yang paling tepat apalagi di Purwakarta sekarang sedang mengembangkan program Tatanen di Bale Atikan.

"Program tersebut berorientasi pada membangun kesadaran ekologis peserta didik agar bisa hidup secara harmoni dengan seisi bumi," katanya.

Dia melanjutkan, bambu juga bagi budaya Sunda mempunyai filosofi kehidupan bahwa semakin menua semakin merunduk dan mau melepas segala atribut dirinya dalam menuju kesejatian. Bambu akan terus melepas kelopak atau baju yang menutupi ruas-ruasnya ketika menua.

"Bambu memiliki multi manfaat untuk kehidupan selain ekonomis, estetis juga punya fungsi kesehatan. Bambu mampu memfilter polusi udara menyaring racun-racun yang berbahaya bagi kehidupan. Sekolah-sekolah akan terasa sejuk dan teduh jika ada pohon bambu di sekolahnya mencukupi oksigen bagi warga sekolah," tandasnya.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X