• Selasa, 24 Mei 2022

Kades di Rawamerta Dapat Penyuluhan Hukum dari Kejari Karawang Terkait Penyaluran Bansos

- Rabu, 1 September 2021 | 21:35 WIB
Kejari Karawang adakan penyuluhan hukum untuk para kepala desa terkait penyaluran bansos. (Wahyu Saputra)
Kejari Karawang adakan penyuluhan hukum untuk para kepala desa terkait penyaluran bansos. (Wahyu Saputra)

HarianSederhana.com, KARAWANG - Penyaluran bantuan sosial atau bansos yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah harus sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

Kejaksaan Negeri Karawang pun memberikan penyuluhan hukum kepada para kepala desa agar menambah pengetahuan mereka terkait aturan main pelaksanaan penyalurannya. Kegiatan ini sendiri dilangsungkan di Kecamatan Rawamerta, Selasa (31/08).

Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Martha Parulina Berliana menuturkan, kebutuhan realitas pemerataan bantuan sosial di desa-desa tetap harus dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada.

"Selain itu diperlukannya penetapan status badan usaha koperasi untuk BUMDES yang ada di desa-desa sehingga dalam pengelolaannya dapat dilakukan secara akuntabel dan baik," kata Martha Parulina ketika dikonfirmasi, Rabu (01/09).

Baca Juga: Mengenal Sosok Asep Agustian Alias Asep Kuncir, Ketua Peradi Karawang Periode 2021-2026

Ia mengatakan, untuk di Kecamatan Rawamerta akan ada penetapan desa binaan sebagai Desa Anti Korupsi yang mengelola keuangan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Di Kecamatan Rawamerta, ternyata Desa Sukaraja, dengan Kepala Desanya H. Acep bersedia untuk dilakukan pembinaan dan percontohan. Di sinilah adanya peran penting Kejaksaan dalam pendampingan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara," jelasnya.

Menurut Martha Parulina, kegiatan penyuluhan hukum tentang bansos desa tersebut rencananya akan dilaksanakan terhadap seluruh desa-desa di Kabupaten Karawang, dan merupakan program mingguan Kejari Karawang dalam rangka memberikan edukasi dan upaya preventif atau pencegahan terhadap adanya penyalahgunaan bansos.

Baca Juga: Kejari Karawang Bakal Berikan Kades Penyuluhan Hukum, Ini Alasannya

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membangun SDM Menuju Desa Cerdas Berbasis Teknologi

Sabtu, 26 Februari 2022 | 22:12 WIB

Pengrajin Tahu Tempe Menjerit

Senin, 21 Februari 2022 | 00:51 WIB

FAIS: Copot Kepala Disdikpora Karawang

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:46 WIB

Terpopuler

X