• Selasa, 24 Mei 2022

Hari Tani Nasional 2021, Bulog Karawang Populerkan Beras Tugu Padi

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:37 WIB
Bulog Karawang semakin gencar promosi beras Tugu Padi di Hari Tani Nasional 2021. (Supri)
Bulog Karawang semakin gencar promosi beras Tugu Padi di Hari Tani Nasional 2021. (Supri)

HarianSederhana.com, KARAWANG - Peringatan Hari Tani Nasional yang jatuh pada tanggal 24 September merupakan bentuk peringatan untuk mengenang sejarah para petani dan perjuangan untuk mencapai kesejahteraan petani

Peringatan Hari Tani Nasional 2021 mengangkat tema "Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Penguatan Kebijakan Reforma Agraria untuk Menegakkan Kedaulatan Pangan dan Memajukan Kesejahteraan Petani dan Rakyat Indonesia".

Tema Hari Tani Nasional 2021 diambil mengingat upaya untuk terus meneguhkan percepatan dan penguatan kebijakan Reforma Agraria. Bersamaan dengan hal tersebut Bulog Karawang, akan terus mendorong penyelesaian konflik agraria untuk menegakan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Kabulog Karawang, Yanto Nurdiyanto menuturkan peran Bulog yaitu berdasarkan Keppres No.48 tahun 2016 salah satunya menjaga kestabilan harga gabah dan beras ditingkat produsen, khusus Bulog Karawang.

Baca Juga: Gandeng Bulog dan Pertani, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Ingin Tingkatkan Serapan Gabah

"Untuk menjaga kestabilan harga gabah, kami selalu menyerap gabah dan beras dari petani yang ada di wilayah Karawang," tuturnya, Minggu (03/10).

Dikatakannya, hingga saat ini Bulog Karawang sudah menyerap gabah dan beras dari para petani sebanyak 16.000 ton dari target penyerapan 47.000 ton, tentu hal ini masih jauh dari pencapaian target yang direncanakan, dikarenakan harga gabah dan beras ditingkat petani masih diatas harga pokok penjualan (HPP).

"Jika harga beras dan gabah di bawah HPP peran Bulog untuk menyerap dan menstabilkan harga gabah dan beras sesuai dengan standar HPP, namun disesuaikan dengan mutu dan kualitas gabah dan beras, Bulog Karawang selalu peduli dan mensupport para petani di Kabupaten Karawang," ungkapnya.

Bulog Karawang juga menyerap beras premium dengan tujuan komersil dengan label "Tugu Padi". Merk ini merupakan beras lokal asli Karawang dengan kualitas beras terbaik.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membangun SDM Menuju Desa Cerdas Berbasis Teknologi

Sabtu, 26 Februari 2022 | 22:12 WIB

Pengrajin Tahu Tempe Menjerit

Senin, 21 Februari 2022 | 00:51 WIB

FAIS: Copot Kepala Disdikpora Karawang

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:46 WIB

Terpopuler

X