• Sabtu, 10 Desember 2022

Membangun SDM Menuju Desa Cerdas Berbasis Teknologi

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 22:12 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Elievia Khrissiana dalam rangkaian reses di Desa Pacing Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang.  (Istimewa)
Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Elievia Khrissiana dalam rangkaian reses di Desa Pacing Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. (Istimewa)

HarianSederhana.com, Karawang - Komunitas digital desa adalah trigger desa inovatif berbasis teknologi, salah satu gagasan yang dipaparkan Elievia Khrissiana, dalam rangkaian reses anggota DPRD di Desa Pacing Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang

Desa cerdas adalah konsep pendekatan pembangunan yang mendorong desa untuk melakukan transformasi pemanfaatan teknologi dan ditujukan peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif, berkelanjutan. 

Untuk diketahui, dalam mendorong percepatan kemandirian desa, Kementerian Desa PDTT meluncurkan program desa cerdas atau smart village pada tahun 2021.

Baca Juga: Keren! UMKM Kabupaten Bogor Jadi Official Merchandise Moto GP Mandalika

Dalam mendukung program prioritas Nasional tersebut, menurut Elievia Khrissiana, yang harus dibangun terlebih dahulu adalah masyarakat cerdasnya dengan menciptakan SDM yang mumpuni di bidang digital.

“Pada dasarnya sebagus apapun program yang dibuat oleh pemerintah bila tidak didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni (dibidang digital), programnya tidak akan berjalan sesuai harapan," papar Elievia disela agenda resesnya.

Elievia Khrissiana menambahkan langkah konkrit menciptakan masyarakat cerdas adalah membangun komunitas digital desa.

Baca Juga: Jadwal Acara Trans7 Hari Ini, 26 Februari 2022: On The Spot,The Police, dan Dewan Curhat

“Langkah konkrit menciptakan masyarakat cerdas adalah membangun komunitas digital desa, yang anggotanya adalah anak-anak muda desa yang mempunyai ketertarikan dalam meningkatkan kemampuanya dalam bidang digital dan teknologi," terangnya.

Halaman:

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membangun SDM Menuju Desa Cerdas Berbasis Teknologi

Sabtu, 26 Februari 2022 | 22:12 WIB

Pengrajin Tahu Tempe Menjerit

Senin, 21 Februari 2022 | 00:51 WIB

FAIS: Copot Kepala Disdikpora Karawang

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:46 WIB

Terpopuler

X