• Jumat, 1 Juli 2022

Ibu Hamil Diminta Jangan Ragu Vaksinasi

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 18:53 WIB
Seorang ibu hamil sedang mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 (instagram/@ sehatsurabayaku)
Seorang ibu hamil sedang mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 (instagram/@ sehatsurabayaku)

HarianSederhana.com, KARAWANG - Program vaksinasi yang dilakukan pemerintah saat ini benar-benar menjadi perhatian yang luar biasa. Pasalnya, vaksinasi merupakan hal ikut menentukan cepat berakhirnya pandemi Covid-19, termasuk adanya vaksinasi ibu hamil.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Yayuk Sri Rahayu mengatakan, ibu hamil tak perlu khawatir untuk menerima vaksin Covid-19. Hal ini lantaran sudah sesuai rekomendasi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Menurutnya, ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 bisa menimbulkan peningkatan risiko bergejala berat dan bisa berdampak pada janin dalam kandungan.

"Oleh karena itu, pemberian vaksin kepada ibu hamil harus dilakukan, hal ini guna meminimalisir gejala berat jika terinfeksi," katanya, Rabu (25/08).

Baca Juga: Ribuan Warga Margakaya Ikuti Vaksinasi yang Digelar Astra Daihatsu Motor

Yayuk menyebut, jenis vaksin bagi ibu hamil adalah adalah vaksin platform Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac (sesuai ketersediaan).

"Nantinya, ibu hamil akan diskrining dahulu untuk diketahui kondisinya, apakah lolos memenuhi untuk divaksin atau tidak," tambahnya.

"Jika ada keluhan yang lain atau ada tanda preeklampsia, maka vaksin ditunda atau dirujuk ke RS," jelasnya.

Di samping itu, Yayuk menyebut efek samping vaksin bagi ibu hamil sama seperti masyarakat pada umumnya, artinya tidak terdapat perbedaan.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membangun SDM Menuju Desa Cerdas Berbasis Teknologi

Sabtu, 26 Februari 2022 | 22:12 WIB

Pengrajin Tahu Tempe Menjerit

Senin, 21 Februari 2022 | 00:51 WIB

FAIS: Copot Kepala Disdikpora Karawang

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:46 WIB

Terpopuler

X