• Rabu, 7 Desember 2022

Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bangkit

- Rabu, 22 September 2021 | 13:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. instagram.com/kemenparekraf.ri (Mohammad Z)
Menparekraf Sandiaga Uno. instagram.com/kemenparekraf.ri (Mohammad Z)

HarianSederhana.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak pelaku pariwisata memanfaatkan momentum pandemi COVID-19 untuk bangkit dengan memusatkan ekonomi kreatif sebagai kontributor penting bagi ekonomi global.

"Mari bersama-sama kita berkolaborasi untuk memanfaatkan masa pandemi sebagai momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia," kata Sandiaga dalam pembukaan The 2nd Planet Tourism Indonesia 2021, Beyond Recovery, Towards Sustainability, Rabu 22 September 2021.

Sandiaga menambahkan, kekuatan ekonomi kreatif terletak pada inklusivitasnya. Ekonomi kreatif tidak mengenal batas, ekonomi kreatif yang juga memiliki potensi besar dalam pencapaian sustainable development goals yang dapat jadi jawaban untuk banyak permasalahan, bukan cuma tantangan ekonomi tapi juga sosial dan keamanan.

Baca Juga: Wapres Sebut Pemerintah Sedang Siapkan Wisata Halal di NTB

Sandiaga menambahkan, Kemenparekraf mepunyai beberapa program khusus untuk memulihkan pariwisata Indonesia, pengembangan ekonomi kreatif secara inklusif, salah satunya adalah program program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP).

Kemenparekraf juga mempunyai program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang bertujuan membangkitkan semangat masyarakat dalam membeli produk Indonesia.

"Sehingga dapat mempercepat perputaran perekonomian nasional," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Bupati Kolaka Timur belum Genap 100 Hari Menjabat Sebelum Terjaring OTT KPK

Ada tiga strategi utama dalam membangkitkan sektor perekonomian kreatif dan pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang mengguncang dunia, yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Sandiaga memberikan semangat untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang sedang berjuang. Ia yakin selalu ada peluang di tengah tantangan yang sudah berlangsung dua tahun ini.

"Badai Insya Allah pasti berlalu," tandasnya. ***

Editor: Mohammad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X