• Rabu, 7 Desember 2022

Cerita Billy Sugara, Jadikan Anak Sebagai Motivasi Cetak Hattrick Medali Emas di PON XX Papua

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 09:57 WIB
Billy Sugara, atlet Kabupaten Bekasi yang sukses meraih medali emas di PON XX Papua. (Wahyu Saputra)
Billy Sugara, atlet Kabupaten Bekasi yang sukses meraih medali emas di PON XX Papua. (Wahyu Saputra)

HarianSederhana.com, OLAHRAGA - Kontingen Jawa Barat berhasil membawa medali emas di PON XX Papua dari cabang olahraga judo lewat kemenangan Billy Sugara di nomor perorangan putra kelas bebas lebih dari 100 kilogram.

Billy Sugara menciptakan hattrick perolehan medali emas di ajang multievent nasional secara berturut-turut di kelas yang berbeda dan menjadi motivasi tersendiri bagi dirinya.

Billy Sugara mendapatkan medali emas pertama saat PON XVIII Riau di nomor -90 kilogram, kedua saat PON XIX Jawa Barat di nomor -100 kilogram, dan yang terakhir PON XX Papua di nomor +100 kilogram.

"Itu kan menjadi motivasi bagi saya. Karena, setahu saya di Indonesia belum ada yang hattrick di kelas yang berbeda berturut-turut. Kalau cuma hattrick aja sih banyak di judo itu,” tuturnya kepada Harian Sederhana, Sabtu (09/10).

Baca Juga: I Putu Bayu Ardhya Satrio, Atlet Senam Kolam Kabupaten Bekasi Kadokan Medali Emas untuk Harlah Ibundanya

Sebelum menghadapi PON XX Papua, Billy Sugara telah ditempa latihan selama dua tahun sejak April 2019. Latihan dan keras selama dua tahun ini pun membuahkan berhasil medali emas untuk ketiga kalinya. Walaupun di tengah pandemi, latihan tetap berjalan sebagaimana biasanya.

“Untuk judo Jawa Barat sendiri sih kita tidak ada kendala. Karena untuk judo itu, kita berlatih di tempat pendidikan TNI. Jadi, untuk latihan tidak ada gangguan, maksudnya kita lebih aman di masalah persiapan dibandingkan provinsi lain,” tutur Billy Sugara.

Pada partai final, Billy Sugara sukses menumbangkan Frangkling Kakalang dari Papua Barat. Tapi, justru lawan terberat menurut Billy Sugara di cabang olahraga judo kelas +100 kilogram putra saat menghadapi I Gede Agastya Darma Wardana di babak semifinal.

“Lawan terberat saya sebenarnya ada di semifinal, I Gede Agastya Darma Wardana dari Bali yang kebetulan ia adalah pemegang medali emas di Sea Games," ujar Billy Sugara.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X