• Selasa, 24 Mei 2022

Peran Media Dalam Membangun Kota

- Jumat, 18 September 2020 | 07:17 WIB
coffee-morning
coffee-morning

HARIAN SEDERHANA - Kamis siang ini, saya berjumpa bersama rekan-rekan jurnalis yang tergabung dalam Pokja Wartawan Depok. Bukan hanya sekedar silaturahmi, saya bersama para rekan-rekan jurnalis juga berbincang-bincang dan diskusi seputar Kota Depok.

Saling curhat dan bersenda gurau menjadi bumbu dalam silaturahmi kali ini. Obrolan menarik mulai dari seputar politik hingga hal-hal lain mewarnai diskusi siang tersebut.

Bagi saya, wartawan adalah rekan, teman, dan sahabat saya yang membantu menyebarkan berita-berita positif. Terutama saat saya menjadi anggota DPRD Kota Depok hingga di tingkat Provinsi Jawa Barat sampai saat ini.

Saya sangat menyadari peran media sangat penting dalam tatanan eksekutif (pemerintah) dan legislatif. Media dapat menjadi kontrol sosial terkait program-program yang tengah bergulir di tengah masyarakat. Karenanya, perlu ada komunikasi yang baik antara eksekutif dan legislatif dengan media.

Bukan hanya sebagai kontrol sosial, media juga memiliki peran penting dalam menginformasikan program serta capaian-capaian yang telah dilakukan berbagai pihak, khususnya para pemangku jabatan.

Karena itu apapun kegiatannya, saya selalu berusaha untuk melibatkan media. Sebab akan percuma juga, jika apa yang kita perbuat tidak diketahui oleh masyarakat, khususnya yang terkait dengan kebijakan umum.

Media merupakan salah satu pilar demokrasi yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat Indonesia, karena pemberitaannya yang objektif dan faktual.

Media tidak memberitakan hoaks atau kabar bohong dan tidak terlalu partisan, serta menjadi bagian penyambung lidah informasi pembangunan pemerintah kepada masyarakat.

Pada era komunikasi dan informasi seperti saat ini, media memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan. Media massa sangat berperan dalam menginformasikan dan mengabarkan program-program pemerintah, termasuk didalamnya tentang perencanaan pembangunan.

Melalui media maka seluruh program-program pemerintah kota baik itu capaian pembangunan, dan yang masih dalam proses serta kendala pemerintah dalam mewujudkan program itu bisa tersampaikan kepada masyarakat. Sehingga peran pers atau media massa dalam proses perencanaan pembangunan daerah dirasa lebih optimal.

Saya sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Depok berkomitmen mempererat hubungan kemitraan antara jurnalis dengan jajaran eksekutif. Ini sekaligus sebagai bentuk nyata saya bersama Pak Kiai Idris dalam keterbukaan informasi publik.

Kami juga berkeinginan memberikan ruang bagi media massa dalam proses perencanaan pembangunan, sehingga rencana pembangunan pemerintah daerah dapat tersampaikan melalui pemberitaan mengenai kebijakan dan program-program pemerintah daerah oleh media massa dan diterima oleh publik secara luas, jelas, dan benar.

Pelibatan media dalam proses pembangunan Kota Depok akan menghasilkan keputusan yang lebih baik, di mana peran serta atau sumbang saran dari seluruh lapisan masyarakat Depok, adalah sesuatu yang sangat berharga dalam pengambilan keputusan pembangunan yang lebih tepat.

Dengan tersosialisasikannya perencanaan pembangunan daerah, ke depan diharapkan akan dihasilkan perencanaan pembangunan daerah yang semakin baik.

Editor: Slamet

Terkini

Depok, Dulu dan Sekarang

Rabu, 29 September 2021 | 05:51 WIB

Ramadan, Bulan Penuh Kemuliaan

Sabtu, 1 Mei 2021 | 20:09 WIB

Menuju "Jembatan Perubahan" Pers Depok

Selasa, 13 April 2021 | 10:24 WIB

Keistimewaan Bulan Rajab

Jumat, 5 Februari 2021 | 06:00 WIB

Semoga Pandemi Segera Berakhir

Selasa, 2 Februari 2021 | 06:00 WIB

Meminta Maaf Itu Keren

Selasa, 5 Januari 2021 | 07:00 WIB

Ketika Para Ayah Telah Kembali

Jumat, 18 Desember 2020 | 07:00 WIB

Semangat Hari Pahlawan

Selasa, 10 November 2020 | 07:00 WIB

Remaja Memerlukan Media Penyaluran

Rabu, 21 Oktober 2020 | 08:49 WIB

Perjuangan Diiringi Doa

Jumat, 9 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Insha Allah PKS Lebih Berkah

Selasa, 6 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Peran Media Dalam Membangun Kota

Jumat, 18 September 2020 | 07:17 WIB

Terpopuler

X