• Selasa, 24 Mei 2022

Meminta Maaf Itu Keren

- Selasa, 5 Januari 2021 | 07:00 WIB
coffee-morning
coffee-morning

HARIAN SEDERHANA - Setiap manusia pasti tidak pernah luput dari apa yang namanya kesalahan dan dosa. Baik dari perbuatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja, pastinya sebagai individu kerap melakukan kesalahan setiap harinya.

Ketika menyadari kesalahan terhadap perilaku atau perbuatan, tentunya sikap bijak yang harus dilakukan adalah meminta maaf. Selain meminta maaf, kita juga harus mampu menerima permintaan maaf orang lain terhadap dirimu.

Karenanya kita manusia sebagai hamba Allah SWT harus saling memaafkan. Sebab Allah SWT saja Maha Pemaaf bagi hambanya yang meminta ampunan.

Oleh karenanya, sebagai umat manusia harus melakukan dua hal yaitu memaafkan dan meminta maaf.

Kata-kata minta maaf tentunya tidak mudah diucapkan namun ucapan tersebut sebaiknya dilakukan ketika berbuat kesalahan. Lalu jika kamu dimintai maaf, sebaiknya ikhlas menerima permintaan maaf tersebut.

Terkadang orang gak mau tuh, merasa benar aja kan. Bukan gue yang salah. Gitu ya. Kalau kita meminta maaf itu lebih keren.

Meskipun orang lain kadang membuat sakit hati, sebagai umat Islam yang baik tidak baik menyimpan dendam kepada seseorang yang telah berbuat salah kepadamu.

Dalam Islam, dendam bisa memunculkan permusuhan dan perpecahan antarsaudara umat muslim. Islam selalu menganjurkan agar setiap muslim berusaha untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah, dalam Alquran surat Al Hujurat ayat 10, Allah SWT berfirman:

"Innamal-mu'minuna ikhwatun fa aslihu baina akhawaikum wattaqullaaha la'allakum tur-hamun"

Artinya:

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

Memaafkan sekaligus melupakan kesalahan orang lain yang telah menyakiti hati, memang tidaklah mudah. Sebagai manusia biasa, pastinya tidak dapat melupakan kesalahan orang lain begitu saja. Namun demikian, hal tersebut sangat tidak dibenarkan dalam Islam.

Sebagai umat muslim, harus senantiasa belajar memaafkan sesama dengan ikhlas. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang didatangi saudaranya yang hendak meminta maaf, hendaklah memaafkannya, apakah ia berada dipihak yang benar ataukah yang salah, apabila tidak melakukan hal tersebut (memaafkan), niscaya tidak akan mendatangi telagaku (di akhirat) (HR Al-Hakim)

"Jika hari kiamat tiba, terdengarlah suara panggilan, "Manakah orang-orang yang suka mengampuni dosa sesama manusianya?" Datanglah kamu kepada Tuhan-mu dan terimalah pahala-pahalamu. Dan menjadi hak setiap muslim jika ia memaafkan kesalahan orang lain untuk masuk surga." (HR Adh-Dhahak dari ibnu Abbas Ra)

Dari hadits tersebut, menjelaskan secara tegas bahwa memberikan maaf kepada orang lain merupakan suatu kewajiban sebagaimana menjaga hati dalam agama Islam. Seperti dalam Alquran surat An Nur ayat 22, Allah SWT berfirman:

"Wa laa ya'tali ulul-fadli mingkum was-sa'ati ay yu'tuu ulil-qurbaa wal-masaakiina wal-muhaajiriina fii sabiilillaahi walya'fu walyasfahu, alaa tuhibbuna ay yagfirallaahu lakum, wallaahu gafurur rahiim"

Artinya:

"Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Untuk itu pada kesempatan ini, saya sebagai Wakil Wali Kota Depok terpilih di Pilkada 2020 mengajak semua masyarakat menjadi insan pemaaf. Mari kita buka lembaran baru di tahun 2021 ini dengan keikhlasan dan kesabaran terutama menjadi pribadi pemaaf.

Editor: Slamet

Terkini

Depok, Dulu dan Sekarang

Rabu, 29 September 2021 | 05:51 WIB

Ramadan, Bulan Penuh Kemuliaan

Sabtu, 1 Mei 2021 | 20:09 WIB

Menuju "Jembatan Perubahan" Pers Depok

Selasa, 13 April 2021 | 10:24 WIB

Keistimewaan Bulan Rajab

Jumat, 5 Februari 2021 | 06:00 WIB

Semoga Pandemi Segera Berakhir

Selasa, 2 Februari 2021 | 06:00 WIB

Meminta Maaf Itu Keren

Selasa, 5 Januari 2021 | 07:00 WIB

Ketika Para Ayah Telah Kembali

Jumat, 18 Desember 2020 | 07:00 WIB

Semangat Hari Pahlawan

Selasa, 10 November 2020 | 07:00 WIB

Remaja Memerlukan Media Penyaluran

Rabu, 21 Oktober 2020 | 08:49 WIB

Perjuangan Diiringi Doa

Jumat, 9 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Insha Allah PKS Lebih Berkah

Selasa, 6 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Peran Media Dalam Membangun Kota

Jumat, 18 September 2020 | 07:17 WIB

Terpopuler

X