• Selasa, 24 Mei 2022

Bisnis Tanaman Hias Jadi Solusi, Untuk Bangkit Dari Landaan Pendemi

- Kamis, 11 Februari 2021 | 12:54 WIB
Dodi Cahyadi
Dodi Cahyadi

HARIAN SEDERHANA, BOGOR – Pandemi COVID-19 menjadi ancaman bagi kesehatan dan aspek kehidupan lainnya secara global. Terkait dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi pandemi ini, diperlukan data dan informasi dasar untuk menentukan kebijakan.

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro yang makin meluas di tanah air menghambat roda perekonomian.
Terutama perekonomian setiap keluarga yang pastinya mengalami pasang surut.

Ada beberapa yang gulung tikar dan sebagian pun melonjak pesat seperti bisnis tanaman hias yang mengalami kenaikan omzet. Kenaikan ini dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat yang kini lebih sering berada di rumah, sehingga mempunyai banyak waktu luang untuk menata tanaman di halaman rumah.

Dan sektor pertanian menjadi penyelamat pada kondisi yang sulit ini, salah satunya adalah bisnis tanaman hias yang dapat mendatangkan rejeki nomplok bagi pedagang tanaman, khususnya tanaman hias.

Mahasiswa membuka peluang lapangan kerja untuk masyarakat terdampak pandemi, potensi keuntungan yang diperoleh pedagang tanaman terbuka cukup luas. Untuk itu pekerja yang kehilangan pekerjaanya dapat banting setir untuk mencoba usaha ini.

Apalagi kalau didukung secara daring. Mahasiswa dapat memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid 19 ini.

Selain itu, bisnis ini tak perlu modal yang besar, bisa dimulai dari memasok tanaman atau bibit murah. Ilmu budidaya tanaman pun bisa dipelajari secara mandiri, tak perlu sekolah formal.

Menurut pendapat masyarakat sekitar mengenai tanaman hias dan mahasiswa ini sangat positif, usaha budidaya tanaman hias itu merupakan pekerjaan yang bagus asalkan dilakukan dengan penuh rasa ikhlas dan penuh tanggung jawab.

Sehingga kita menjalaninya dengan senang. Dengan mahasiswa menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat itu sangat membantu perekonomian keuangan masyarakat.

Merawat tanaman hias ini memiliki beragam manfaat diantaranya, mendapatkan kualitas udara lebih baik, meningkatkan konsentrasi, meredakan stress, meningkatkan produktivias, memperbaiki suasana hati dan memperkuat imun.

Fungsi dan peran mahasiswa sangatlah penting dalam berkontribusi secara faktual sebagai bentuk implementasi “semangat bela negara”, yang selalu memberikan andil besar menggerakkan perekonomian masyarakat.

Mahasiswa dapat menunjukkan moralitas dan karakter yang kuat, dengan demikian seorang mahasiswa harus pandai merasa bukan merasa pandai. Mahasiswa harus mampu mengembangkan inovasi dan menghargai kearifan lokal agar bangsa ini tidak ketergantungan terhadap nilai-nilai asing.

Untuk dapat bertahan dalam sektor perekonomian kita harus bisa mengatur sumber penghasilan seberapapun sulitnya. Dalam kondisi pandemi saat ini pendapatan akan menyelamatkan kita di kondisi darurat, misalnya jatuh sakit.

Jika kita disiplin menjaga porsi dana darurat, maka seberat apapun kondisi ekonomi yang dihadapi kita tetap bisa mengatasi. Kita dapat memanfaatkan talenta bisnis yang dimiliki saat ini untuk menghasilkan pendapatan.

Kesehatan fisik sangat berkaitan erat dengan kesehatan mental, terlebih dalam situasi pandemi yang membuat sebagian orang merasa panik dan berdampak pada mental. Kondisi tersebut membuat beberapa orang kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang disayang, bahkan kehilangan rasa aman.

Ahli biokimia Adrian Gombart, yang tengah meneliti relevansi nutrisi dengan sistem kekebalan tubuh di Linus Pauling Institute, Oregon State University, ingin mengubah situasi ini. “Langkah-langkah yang diambil (untuk mencegah virus corona) semuanya penting. Tetapi penting juga bagi kita memperhatikan status gizi kita sehingga sistem kekebalan tubuh kita bisa berfungsi dengan baik,” kata Gombart.

Editor: Slamet

Terkini

Depok, Dulu dan Sekarang

Rabu, 29 September 2021 | 05:51 WIB

Ramadan, Bulan Penuh Kemuliaan

Sabtu, 1 Mei 2021 | 20:09 WIB

Menuju "Jembatan Perubahan" Pers Depok

Selasa, 13 April 2021 | 10:24 WIB

Keistimewaan Bulan Rajab

Jumat, 5 Februari 2021 | 06:00 WIB

Semoga Pandemi Segera Berakhir

Selasa, 2 Februari 2021 | 06:00 WIB

Meminta Maaf Itu Keren

Selasa, 5 Januari 2021 | 07:00 WIB

Ketika Para Ayah Telah Kembali

Jumat, 18 Desember 2020 | 07:00 WIB

Semangat Hari Pahlawan

Selasa, 10 November 2020 | 07:00 WIB

Remaja Memerlukan Media Penyaluran

Rabu, 21 Oktober 2020 | 08:49 WIB

Perjuangan Diiringi Doa

Jumat, 9 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Insha Allah PKS Lebih Berkah

Selasa, 6 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Peran Media Dalam Membangun Kota

Jumat, 18 September 2020 | 07:17 WIB

Terpopuler

X