• Selasa, 24 Mei 2022

Menuju "Jembatan Perubahan" Pers Depok

- Selasa, 13 April 2021 | 10:24 WIB
IMG_20210413_102459
IMG_20210413_102459

HARIAN SEDERHANA, DEPOK - Kata jembatan dalam makna konstruksi adalah penghubung dua jalan yang terputus. Makna tersebut mengartikan jembatan adalah sarana untuk menyatukan.

Peran Pers sangat penting menjadi "jembatan perubahan" untuk konstruksi pembangunan di Kota Depok. Hal tersebut dimulai dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) lembaga resmi tempat wartawan bernaung.

Kontestasi pemilihan Ketua PWI Kota Depok telah usai. Dua kandidat terkuat yakni, Rahmat Tarmuji dari Media Jurnal Depok (koran lokal) yang bertarung "melawan" wartawan senior dari koran mainstream Nasional, Republika Rusdy Nurdiansyah.

Dan dimenangkan oleh Rusdy Nurdiansyah dengan perolehan suara yang beda tipis yakni 1 suara. Rahmat mendapat 8 suara sedangkan Rusdy 9 suara. Total semua ada 17 suara.

Yang cukup menarik dari konstelasi pemilihan PWI 1 Depok ini adalah muncul isu yang meluas terkait intervensi oleh pihak pemerintah yang mendukung ke salah satu kandidat. Padahal kalau kita korelasikan, antara PWI dan Pemerintah itu adalah mitra strategis. Bagi saya itu adalah sah saja, tergantung cara kita punya perspektif.

Jika intervensi itu sifatnya positif untuk perubahan ke arah yang lebih baik, saya pikir tidak menjadi masalah. Yang jadi persoalan adalah ketika PWI "dikungkung" oleh pemerintah. Artinya peran Pers dikebiri untuk tidak "independen". Nah, itu dalam perspektif saya yang negatif jika intervensi itu dilakukan dengan kepentingan hanya sepihak. Pasti ada plus dan minus nya.

Yang menjadi menariknya lagi selain isu intervensi. Adalah seorang Rusdy, wartawan yang paling senior, mungkin karena kiprahnya yang sudah lama di kota Depok. Dengan lamanya Rusdy berkiprah, ada anekdot bahwa Rusdy tidak bisa diatur oleh pihak-pihak yang punya kepentingan. Akhirnya Rusdy menjadi "wartawan terlarang" untuk menduduki jabatan startegis di lembaga kewartawanan yang resmi secara aturan hukum dan Undang-Undang yakni, PWI.

Dua isu strategis ini yang dimaikan oleh kedua kubu, antara Rahmat dan Rusdy yang menurut analisa saya cukup menarik, bahkan mencuri perhatian publik terutama para pemangku kepentingan.

Dua kekuatan itupun saling membuat strategi dan taktik bagaimana cara memenangkan "kekuasaan". Konteks kekuasan ini saya menganalisanya, adalah bagaimana Rahmat dan Rusdy mampu memberikan "Jembatan Perubahan" kepada media baik lokal maupun nasional yang berkiprah di Kota Depok agar bisa menjadi lebih baik lagi. Terutama dalam mendapatkan informasi guna dipublis ke masyarakat luas.

Mudah-mudahan ke depan PWI Depok akan menjadi lebih baik lagi. Tentunya dengan konsep membawa perubahan. Dan, saya berharap semua pihak atau stakeholders bisa bersinergi dengan baik. Baik peran sebagai Pers yang bertugas untuk menginformasikan kepada publik, maupun peran pemerintah kota Depok yang membawa visi Depok menjadi kota yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

Kedua lembaga tersebut memiliki peran yang sama dan tentunya startegis. Sama-sama ingin membangun Depok lebih Maju. Mudah-mudahan dengan tulisan ini bisa "mendinginkan" suasana. Bahwa kekuasan adalah tempat ikhtiar kita untuk menjadi jembatan perubahan ke arah "husnul khotimah". Insya Allah. Aaminn.

Oleh :
Andi Sopiandi
Pemimpin Redaksi Harian Sederhana

 

Editor: Slamet

Tags

Terkini

Depok, Dulu dan Sekarang

Rabu, 29 September 2021 | 05:51 WIB

Ramadan, Bulan Penuh Kemuliaan

Sabtu, 1 Mei 2021 | 20:09 WIB

Menuju "Jembatan Perubahan" Pers Depok

Selasa, 13 April 2021 | 10:24 WIB

Keistimewaan Bulan Rajab

Jumat, 5 Februari 2021 | 06:00 WIB

Semoga Pandemi Segera Berakhir

Selasa, 2 Februari 2021 | 06:00 WIB

Meminta Maaf Itu Keren

Selasa, 5 Januari 2021 | 07:00 WIB

Ketika Para Ayah Telah Kembali

Jumat, 18 Desember 2020 | 07:00 WIB

Semangat Hari Pahlawan

Selasa, 10 November 2020 | 07:00 WIB

Remaja Memerlukan Media Penyaluran

Rabu, 21 Oktober 2020 | 08:49 WIB

Perjuangan Diiringi Doa

Jumat, 9 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Insha Allah PKS Lebih Berkah

Selasa, 6 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Peran Media Dalam Membangun Kota

Jumat, 18 September 2020 | 07:17 WIB

Terpopuler

X