• Rabu, 7 Desember 2022

Mahasiswa IPB University Edukasi Warga Bangun Kebun Botol

- Jumat, 10 Desember 2021 | 05:00 WIB
Contoh kebun botol yang menjadi bahan edukasi mahasiswa IPB University. (Istimewa)
Contoh kebun botol yang menjadi bahan edukasi mahasiswa IPB University. (Istimewa)

HarianSederhana.com, Bogor - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University memberikan edukasi warga lingkungan Kebon Kopi, Desa Cibanteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor untuk membangun kebun botol.

Tujuan membangun kebun botol adalah untuk mengoptimalkan upaya penerapan ekonomi masyarakat, khususnya di desa tersebut.

Willy Azis, salah satu mahasiswa IPB University dari Departemen Ekonomi dan Lingkungan Sumber Daya Alam (ESL) menjelaskan, pembangunan kebun botol ini untuk memudahkan warga yang memiliki lahan terbatas, namun memiliki hobi berkebun.

Baca Juga: Unpak Bogor Gelar Speak Up Day Competition

“Taman ini kami bangun dengan swadaya masyarakat yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik di kemudian hari. Semua warga dapat menanam di taman ini, terutama bagi mereka yang suka berkebun namun memiliki lahan yang terbatas,” ujar Willy Azis, Kamis (9/12/2021).

Heni Wahyuni yang juga mahasiswa IPB University menambahkan, dengan dibangunnya taman ini, masyarakat bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan untuk sayuran. Sehingga ketahanan pangan keluarga dapat terwujud.

Ia juga menjelaskan bahwa ornamen taman botol juga terbuat dari botol plastik bekas yang menjadi nilai tambah bagi taman ini.

Baca Juga: Kadisdik Purwakarta Antusias Sambut Program Jaksa Masuk Sekolah

Terpisah, Ihsan yang merupakan warga Kebon Kopi mengaku sangat senang dan bangga atas kegiatan yang diberikan oleh mahasiswa ini.

“Kegiatannya, cukup bagus dan sangat kreatif. Karena, kita diajari membuat taman dari botol. Sehingga, nantinya  bermanfaat. Bahkan, penggunaan warna yang variatif sehingga memudahkan untuk dilihat,” jelas Ihsan.***(BP Sianturi)

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Lomba Semarakkan Piala Gubernur Jabar 2022

Senin, 14 Maret 2022 | 13:37 WIB

Bupati Sukabumi Melantik 66 Pengawas Sekolah

Kamis, 24 Februari 2022 | 21:16 WIB

Kemenang Purwakarta Silaturahmi dengan GPAI

Kamis, 24 Februari 2022 | 21:04 WIB

Disdik Jabar Adakan Pertukaran Kepsek dan Guru Ke NTB

Kamis, 24 Februari 2022 | 20:55 WIB

Terpopuler

X