• Minggu, 2 Oktober 2022

IUQI Bogor Gelar Ujian Komprehensif Bagi Mahasiswa

- Selasa, 22 Februari 2022 | 12:05 WIB
Mahasiswa UIQI mengikuti sidang komprehensif.  (Istimewa)
Mahasiswa UIQI mengikuti sidang komprehensif. (Istimewa)

HarianSederhana.com, Bogor - Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor mengadakan ujian komprehensif untuk mahasiswa dan mahasiswi semester akhir.

Hal itu dilakukan karena hal tersebut menjadi syarat untuk kelulusan menjadi sarjana.

Rektor IUQI Al-Islami, Saiful Falah mengatakan bahwa tujuan dari ujian ini adalah agar mahasiswa dan mahasiswi yang sudah belajar selama 7 semester tentu banyak sekali materi yang sudah dipelajari.

Baca Juga: Jadwal Film dan Pertandingan Bola Hari Ini di TV Nasional

Selama 7 semester tersebut, di akhir ini diharapkan mereka bisa mereview materi ini sehingga mereka bisa memahami dan juga bisa mempraktekkan apa yang selama ini di pelajari.

“Jadi ujian komprehensif itu adalah ujian akhir untuk menilai keberhasilan mahasiswa dan mahasiswi menguasai mata pelajaran ataupun mata kuliah yang di ajarkan selama 7 semester dan untuk ujian komprehensif,” kata Rektor IUQI Al-Islami DR. Saiful Falah, Senin 21 Februari 2022.

Meski demikian, Saiful Falah menjelaskan di tahun kedua ini sangat berbeda dari sebelumnya. Tahun pertama hanya materi-materi saja sebatas pemahaman dan hafalan. Berbeda dengan tahun sekarang yang diharuskan untuk praktik ibadah amaliah.

Baca Juga: Jadwal Acara TransTV Hari Ini, 22 Februari 2022: Bikin Laper

“Jika tahun pertama dilaksanakan selama dua hari, tetapi tahun ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu satu hari praktikum ibadah dan dua hari materi untuk keaswajaan sebagai ciri khas IUQI Bogor dan juga ada Tafshir maudhui, Hadits maudhui terkait program studi masing-masing dan ilmu tentang program studi yang di ampuh,” jelasnya.

Adapun total mahasiswa yang mengikuti ujian komprehensif gelombang pertama ini ada 177 peserta dan gelombang kedua ini akan dilaksanakan kembali di akhir bulan Maret tahun 2022.

“Bagi kami direktorat ujian komprehensif ini adalah sebuah rowndown kegiatan akademik institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor yang sangat penting jadi dengan adanya ujian komprehensif kita bisa menilai ketercapaian materi,” ujarnya.

Baca Juga: Jadwal Acara Trans7 Hari Ini, 22 Februari 2022: Selebrita Expose, On The Spot, dan The Police

Kemudian, lanjutnya, kemampuan mahasiswa dan mahasiswi IUQI Bogor dalam menyerap materi. Jika ujian komprehensif ini berhasil maka mahasiswa dan mahasiswi berhasil menempuh pendidikan selama tujuh semester.

“Jadi dosen pun berhasil dan kaprodi pun berhasil dan pihak lembaga pun berhasil karena mahasiswa dan mahasiswi bisa menguasai materi-materi yang disampaikan selama tujuh semester ini,” tutupnya.***(BP. Sianturi)

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Lomba Semarakkan Piala Gubernur Jabar 2022

Senin, 14 Maret 2022 | 13:37 WIB

Bupati Sukabumi Melantik 66 Pengawas Sekolah

Kamis, 24 Februari 2022 | 21:16 WIB

Kemenang Purwakarta Silaturahmi dengan GPAI

Kamis, 24 Februari 2022 | 21:04 WIB

Disdik Jabar Adakan Pertukaran Kepsek dan Guru Ke NTB

Kamis, 24 Februari 2022 | 20:55 WIB

Terpopuler

X