• Kamis, 6 Oktober 2022

Helena Desty Azkia, Siswi MTsN Kota Cimahi Juara Matematika Tingkat Nasional

- Kamis, 24 Februari 2022 | 20:39 WIB

HarianSederhana.com, Cimahi - Helena Desty Azkia, siswa MTsN Kota Cimahi Kelas VIII, berhasil merebut juara 3 Nasional Olimpiade Matematika yang diselenggarakan oleh Gamma Multiple Competition (GMC) di Sawangan, Depok, 23 Januari 2022 lalu.

Prestasi ini cukup membanggakan sivitas akademika MTsN Kota Cimahi. Walau sempat menolak, karena tidak yakin untuk ikut lomba. Tapi, akhirnya Helena, putri bungsu dari pasangan Irma dan Uup P. Wahyu ini memberanikan diri untuk mengikuti olimpiade.

“Awalnya, Helena tidak mau dan menolak. Tapi, saudara Helena ngajak dan Helena mau. Awalnya juga Helena tidak yakin kalau bisa menang, tetapi ternyata Helena memenangkan juara 3 dan soal matematikanya kebanyakan soal kelas IX bukan kelas VIII," ungkap siswi kelas VIII Ini dengan wajah berseri.

Baca Juga: Anggaran Rehabilitasi Sekolah di Kabupaten Bogor Turun

Ketika ditanya kendala yang dihadapi dalam mengikuti olimpiade tersebut, siswa MTsN Kota Cimahi yang lahir 13 tahun lalu ini menuturkan, bahwa perolehan prestasi yang membanggakan tersebut diraih setelah berlatih keras dengan mengikuti arahan dari pembimbing berikut segala kendala yang dihadapinya.

“Kendalanya ada di soal Pak. Karena ada beberapa soal yang tidak ada di kisi-kisi olimpiade yang diberikan guru les,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MTsN Kota Cimahi, Hj. Eulis Nurhasanah menyampaikan rasa bangga dan apresiasi untuk Helena.

Baca Juga: Dapat Bantuan Pangan Sahabat Mamuri, Ketua RT02/10 Kelurahan Sukatani Sampaikan Terima Kasih

“Untuk mencapai sebuah prestasi tentu tidaklah mudah, dan pasti penuh tantangan. Namun, bukan berarti tidak mungkin asal tetap semangat menjalaninya. Setiap orang ingin berprestasi. Dengan berprestasi kamu bisa membuktikan pada dirimu dan orang-orang di sekitarmu, bahwa kamu telah melakukan hal terbaik dengan segala kerja keras dan pengorbanan,” ungkap Hj. Eulis tentang prestasi yang diraih Helena.

Untuk mencapai sebuah prestasi tentu saja tidak mudah dan pasti penuh tantangan. Kamu harus mengorbankan waktu senggang, uang, dan mencurahkan segala fokusmu untuk mencapai prestasi tersebut. Ketika tengah berproses terkadang rasa bosan atau lelah akan muncul, apabila dibiarkan hal tersebut bisa mengganggu semangatmu.

Ia juga ingin memberikan motivasi khususnya untuk Helena, sang juara dan umumnya untuk seluruh siswa/i MTsN Kota Cimahi, jangan berhenti ketika apa yang kamu targetkan belum kamu dapatkan.

Baca Juga: Sinopsis Terpaksa Menikahi Tuan Muda Hari Ini: Ana Sedih Ditinggal Reno, Abhimana Ajak Tinggal di Rumahnya

"Ingat selalu pesan dari Pak BJ Habibie bahwa ‘keberhasilan bukanlah milik orang pintar, namun keberhasilan itu adalah milik mereka yang senantiasa berusaha’. Semua orang punya peluang untuk berprestasi sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Jadi, seberat apa pun tantangannya, siapkan dirimu dengan niat dan tekad yang kuat. Selamat untuk Helena, Ibu dan seluruh jajaran MTsN Kota Cimahi sangat bangga dan akan terus memberikan dukungan penuh untuk prestasi berikutnya,” pungkas Hj. Eulis.

Berprestasi bagi para pembelajar merupakan dambaan walau tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seiring dengan tumbuhnya kepercayaan diri dan motivasi belajar yang tinggi, berprestai bagi para pembelajar di madrasah bukan merupakan hal yang mustahil.***(BP Sianturi)

Editor: Heru Sasongko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Lomba Semarakkan Piala Gubernur Jabar 2022

Senin, 14 Maret 2022 | 13:37 WIB

Bupati Sukabumi Melantik 66 Pengawas Sekolah

Kamis, 24 Februari 2022 | 21:16 WIB

Kemenang Purwakarta Silaturahmi dengan GPAI

Kamis, 24 Februari 2022 | 21:04 WIB

Disdik Jabar Adakan Pertukaran Kepsek dan Guru Ke NTB

Kamis, 24 Februari 2022 | 20:55 WIB

Terpopuler

X