• Selasa, 21 September 2021

Megawati Jadi Korban Hoaks, PDIP Kota Depok Lapor Polisi

- Selasa, 14 September 2021 | 14:01 WIB
Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat DPC PDI Perjuangan Kota Depok melaporkan Hersubeno Arief terkait beredarnya informasi berita bohong yang menyebut Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sakit. (Wahyu Saputra)
Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat DPC PDI Perjuangan Kota Depok melaporkan Hersubeno Arief terkait beredarnya informasi berita bohong yang menyebut Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sakit. (Wahyu Saputra)

HarianSederhana.com, DEPOK - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Depok secara melaporkan Hersubeno Arief terkait beredarnya informasi berita bohong (hoaks) mengenai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke Polres Metro Depok, Senin (13/09).

Pelaporan tersebut dipimpin langsung Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat DPC PDI Perjuangan Kota Depok Sean Matthew bersama sejumlah timnya.

"Kami berkeberatan dengan isi konten di video YouTube tersebut, karena memuat berita bohong atau hoaks. Yang kutipannya di kanal YouTube tersebut berbunyi Megawati Koma di ICU RSPP, Valid 1000%," tuturnya ketika dikonfirmasi Harian Sederhana, Selasa (14/09).

Sean menerangkan, pihaknya melihat pembuat konten melanggar tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 310 dan 311 KUHP, serta Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

Baca Juga: Hoax Megawati Meninggal, Henry Yoso Polisikan Akun Youtube 'Mahakarya Cendana'

"Kami tidak dapat membiarkan informasi tidak benar tersebut disampaikan ke khalayak umum. Karena itu kami membuat laporan melalui pengaduan masyarakat ke Polres Depok, untuk menindak tegas pembuat konten," terang Sean.

Sementara, Adi Febrianto Sudrajat selaku Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok meminta kepada Polri untuk segera mengambil tindakan kepada penyebar berita bohong tersebut. Tujuannya agar penyebaran hoaks di tengah masyarakat tak lagi terulang.

"Informasi atau berita yang tidak benar ini sungguh meresahkan, kami berharap Polri dapat bertindak tegas atas berita-berita hoaks seperti ini. Laporan ini kami percayakan dan serahkan sepenuhnya kepada Polri untuk bertindak. Saya harap kedepannya jangan seenaknya buat berita hoaks dan tidak bertanggung jawab," katanya.

Baca Juga: Megawati Tampil ke Publik Usai Diisukan Sakit, Sebut Hasto Sampai Nangis

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Megawati Jadi Korban Hoaks, PDIP Kota Depok Lapor Polisi

Selasa, 14 September 2021 | 14:01 WIB

Golkar Kabupaten Bekasi Adakan Vaksinasi, Ini Targetnya

Senin, 13 September 2021 | 22:16 WIB

Endah Winarti: Demokrat Komit Berpihak Pada Rakyat

Kamis, 9 September 2021 | 22:08 WIB

Partai Umat Resmi Berdiri di Depok

Kamis, 29 April 2021 | 16:16 WIB

Demokrat Kota Bogor, Lawan Upaya Makar

Kamis, 4 Februari 2021 | 03:26 WIB

BDW : Tak Ada Pemalsuan SK Kepengurusan Demokrat

Jumat, 8 Januari 2021 | 13:17 WIB
X