• Selasa, 24 Mei 2022

Tak Mau Nganggur Lama, Indra Sudarmodjo Inisiasi Veranda Grape dan Menjadi ‘Pengangguran’

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:36 WIB
Indra Sudarmodjo menceritakan usaha Veranda Grapenya di Podcast Pulang Kerja Bersama Imam Budi Hartono. (Tangkapan Layar YouTube Imam Budi Hartono)
Indra Sudarmodjo menceritakan usaha Veranda Grapenya di Podcast Pulang Kerja Bersama Imam Budi Hartono. (Tangkapan Layar YouTube Imam Budi Hartono)

HarianSederhana.com, SAUDAGAR - Podcast Pulang Kerja Bersama Imam Budi Hartono kembali menghadirkan kisah inspiratif dari pengusaha di Depok. Kali ini datang dari Indra Sudarmodjo yang tadinya berprofesi di bidang kuliner, sekarang beralih menjadi petani anggur. Berikut kisah Indra menjadi petani anggur.

Terbatasnya lahan di kota Depok tidak menyurutkan minat Indra Sudarmodjo untuk membudidayakan anggur dan menjadi ‘pengangguran’, sebutan untuk orang yang gemar menanam anggur.

Hobi baru ini Indra Sudarmodjo tekuni sejak pandemi datang dan menghantam bisnis kulinernya. Kini, Indra memiliki bisnis anggur yang dinamakan Veranda Grape.

Nama Veranda Grape sendiri diambil dari bahasa Belanda veranda yang berarti beranda. Indra Sudarmodjo menumbuhkan anggur di beranda samping rumahnya.

Baca Juga: Menilik Cerita Atik Khuriyati, Buka Legiit Bakery Hingga Bersaing Wakili Depok di Tingkat Jawa Barat

Jadilah kata beranda itu diangkat menjadi Veranda Grape. Sejauh ini, Indra sudah memiliki lahan seluas 3.200 hektar di jalur bawah dan di atas 400-500 meter.

Sebelum mendirikan Veranda Grape, Indra yang berasal dari lulusan perhotelan, pernah menjadi eksekutif chef di sebuah hotel ternama selama 13 tahun.

Kemudian, Indra Sudarmodjo juga memiliki bisnis katering. Sayangnya, saat pandemi datang, bisnis kateringnya mengalami penurunan dan mengharuskan Indra memutar otak.

Sejak pandemi dan berada di rumah, Indra Sudarmodjo mencoba menyibukkan diri. Dari situlah ide menanam anggur bermula.

Halaman:

Editor: Wahyu Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sahabat Ibuprenuer, BNI Dorong Peran Ibu dalam Ekonomi

Kamis, 23 Desember 2021 | 22:26 WIB

Hadirkan Weekend Banking, Kiat BNI Optimalkan GATF

Minggu, 12 Desember 2021 | 19:36 WIB

Koti Kopi Buka Cabang Kedua di Depok

Selasa, 23 November 2021 | 15:58 WIB

Terpopuler

X