Tentang Sederhana

by admin

HARIAN SEDERHANA

             JUJUR DAN INSPIRATIF

——————————————————-

HARIAN SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PERJUANGAN UMAT    

SALAM SEDERHANA

SEDERHANA ITU JUJUR DAN INSPIRATIF. Nama media ini memang HARIAN SEDERHANA. Namun, filosofi sederhana itu bukan berarti sekedarnya, alakadarnya atau seadanya. Justru, keseluruhan HARIAN SEDERHANA sebagai media publik harus memberi karya terbaik, memberi tuntunan kepada publik, menjadi acuan steakholder dan pengambil keputusan dalam menetapkan sebuah kebijakan.

Hal tersebut berarti, kesungguhan, motivasi, inovasi, kreativitas, totalitas, dedikasi dan semua arus (kekuatan/potensi) yang ada di Harian Sederhana tentunya harus sinergis. Output dari itu adalah karya-karya jurnalistik yang melebihi standar dan diminati publik, sementara realitas saat ini daya baca terhadap surat kabar semakin rendah. Butuh semangat super ekstra untuk membesarkan dan mempertahankan eksistensi koran ini.

Tidak mudah di era sekarang, bersaing dengan koran lama yang lebih mapan apalagi melawan media-media daring yang merajai ruang publik. Tapi, jangan cemas karena pembaca setia surat kabar masih bertahan dan prosentasenya masih kisaran 40 persen (riset AC Nielsen tahun 2018) jumlah masyarakat pembaca aktif media cetak.

Harian Sederhana meyakini mampu bertahan dalam kesederhanaan, melewati masa getir, dan akan tumbuh menjadi media arus utama di wilayah edar ; Depok, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Tangerang Selatan, dan daerah seputar Jakarta. Kemapanan tersebut mampu diraih jika koran ini mempunyai pembaca setia, fanatik serta kedekatan emosional.

Untuk meraih impian tersebut, maka inovasi dan totalitas menjadi keharusan juga kekuatan utama bagi keluarga besar Harian Sederhana. Anggota keluarga bertanggungjawab di bidangnya masing-masing, yang secara etika tetap mentaati prinsip koordinatif dan hirarkis.

Ada sejumlah rencana strategis dan taktis yang sudah dan akan dilakukan secara bertahap dalam pengelolaan Harian Sederhana, yang Insya Alla diberlakukan pada awal bulan April 2019. Rencana strategis itu adalah menguatkan karakter dan kekhasan bidang redaksi (konten) yang ditunjang kebijakan perusahaan.

Terhitung April 2019, arus utamanya yaitu menjadikan Harian Sederhana sebagai media yang lahir dari umat dan bagi kepentingan perjuangan umat. Secara konten dan segmen pasar, Harian Sederhana memberi ruang lebih besar untuk keumatan.

Harian Sederhana berorientasi kepada umat atau menjadi “sahabat” surat kabar terdahulu yang selama ini single fighter menghadang hegemoni media-media yang cenderung sekuler. Namun demikian, Harian Sederhana tetap mempertahankan kearifan lokal.

Secara prinsip, Harian Sederhana menjadi kawan perjuangan Harian Nasional REPUBLIKA yang selama ini dikenal konsisten sebagai media yang mewakili umat muslim. Harian Sederhana berada di lingkup yang lebih sederhana, yakni wilayah pinggiran ibukota. Harian Sederhana juga mulai membangun jejaring dan menjajaki kerjasama dengan media-media daring yang berorientasi sebagai corong umat, diantaranya Hidayatullah.com, Muslim.or.id dan lainnya.

Sebagai gambaran, berjibaku di lingkaran pemerintahan dan pasar bebas sudah terlalu berjibun dan sempit, sementara kue yang diperebutkan sudah teranggarkan dan baku. Selain itu, konsisten sebagai media umat sudah sejalan dengan tujuan awal pemilik Harian Sederhana, yang memang agamis dan berlatar-belakang kaum sarungan atau santri jebolan pondok pesantren ternama di tanah air.

Untuk itu, secara teknis bidang keredaksian mulai melakukan penguatan secara konten dan visual. Konsekuensi langkah tersebut adalah perubahan atau penyempurnaan komposisi rubrikasi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, baik di level reporter, redaktur, maupun layouter/desain grafis.

Penguatan marwah Harian Sederhana ini tentu ada konsekuensinya, yakni beban cashflow tambah ringkih. Langkah konkretnya bakal terjadi reposisi, penggantian dan penambahan personil. Konsekuensi tersebut, ditegaskan dalam rapat kerja pada 1 Maret 2019 lalu, prinsipnya sudah disetujui oleh jajaran Direksi PT. Sederhana Dinamika Hutama. Anak perusahaan  SEDERHANA GROUP ini merupakan perusahaan pers yang menerbitkan koran ini.

Rencana besar Harian Sederhana bukan sekedar rencana, namun langsung dilaksanakan. Beberapa perubahan adalah proporsi konten yang selama ini prioritas, seperti kriminalitas, pemerintahan, politik dan umum, secara kemasan mulai April 2019 lebih “diumatkan” atau tentang umat.

Bismillah, nawaitu perubahan dan penguatan Harian Sederhana sebagai media perjuangan umat tentu bukan tanpa pengorbanan. Untuk itu, kesiapan dan kemampuan lahir batin para punggawa di koran ini mutlak dibutuhkan. Selain itu, ketegasan secara sistem kerja dan manajemen ikut mengiringi proses perubahan ini.

Demikian pengantar tujuan besar Harian Sederhana yang lahir dari umat, untuk umat yang ingin menjadi salah satu media perjuangan umat.

Wasalam.

Bogor, Kamis 28 Maret 2019, Jam 03.50 WIB

ARIHTA U. SURBAKTI

REDAKSI SEDERHANA